Brilio.net - Makanan dan manusia adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Ya, manusia membutuhkan makanan sebagai asupan bagi tubuhnya demi menghasilkan energi. Meski kegunaan makanan sangat penting, tapi manusia terkadang lupa bahwa tidak semua makanan dapat dikonsumsi begitu saja.

Pengolahan makanan adalah kunci utama dalam menikmati makanan. Jadi, makanan itu nggak melulu soal enak saja, namun perlu memerhatikan cara pengolahan yang tepat.

Nah, tanpa kita sadari di lingkungan kita banyak terdapat makanan yang ternyata berbahaya bagi kesehatan. Bahkan jika salah pengolahan, makanan ini bisa menyebabkan kematian.

Sebagaimana dihimpun brilio.net dari Life Foodie, Rabu (15/6), berikut 15 makanan yang akan menjadi racun bagi tubuhmu jika diolah dengan cara yang keliru:


1. Singkong.

Singkong adalah makan sehari-hari yang hampir mudah ditemukan di Indonesia. Pengolahan singkong pun biasanya sederhana dengan digoreng. Nah, getah singkong itu mengandung sianida poisening lho, jadi sebelum diolah sebaiknya bersihkan dengan baik.


2. Buah Ackee.

Buah ini sangat populer di Jamaika. Kalau kamu menemukan buah ini jangan langsung di makan mentah ya, seperti buah lainnya. Sebab jika dimakan mentah, buah ini bisa menyebabkan kejang, koma bahkan kematian.


3. Ikan Fugu.

Ikan Fugu adalah satu satu jenis ikan yang sangat lezat. Namun ikan ini ternyata juga sangat beracun. Setiap organnya mengandung tetrodotoxin dan jika salah iris saja, bisa tamat riwayatmu mengonsumsi ikan ini.


4. Gurita.

Gurita adalah olahan seafood paling mahal di dunia. Kelezatannya pun jelas tidak diragukan lagi. Tapi jika kamu berkesempatan mencicipinya pastikan kamu mengunyah dengan baik sebab jika tidak, gurita ini bisa menyerang organ tubuhmu khususnya tenggorokan.


5. Jamur.

Jamur memiliki berbagai jenis, salah satu yang berbahaya adalah jamur liar sebab mengandung racun berbahaya.


6. Katak Afrika.

Kaki katak masuk dalam jejeran makanan paling dicari di dunia. Tapi tetap waspada ya, sebab jenis katak Afrika justru dapat menyebabkan gagal ginjal jika diolah dengan cara yang salah.


7. Kerang Darah.

Pecinta seafood pastinya tahu jenis kerang satu ini, karena cita rasanya selalu sukses menggoyang lidah. Jika tidak dimasak dengan cara yang benar, kerang ini bisa membuat tubuhmu terserang hepatitis A, hepatitis B dan tifoid seketika.


8. Elderberry.

Jika kamu mengunjungi negara-negara Eropa, maka buah elderberry bukanlah sesuatu yang asing. Apabila diolah dengan tepat, buah ini bisa menjadi sangat enak. Sebaliknya, jika keliru bisa menjadi racun.


9. Cherry.

Pangkal cherry mengandung sianida. Maka itu kamu harus hati-hati memakannya jika baru dipetik dari pohonnya.


10. Selada.

Olah selada dalam pematangan yang sesuai untuk menghilangkan racunnya.


Nah lho.. Kamu nggak nyangka kan? Ngeri banget memang.. Cek makanan 'berbahaya' berikutnya.. Nomor 13 dan 15 kamu nggak akan nyangka.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




11. Ikan Putih.

Istilah ikan putih ini banyak digunakan di China dan beberapa negara Asia lainnya. Ikan ini dijual dengan harga selangit karena rasanya yang sangat lezat. Namun di balik kelezatannya, ikan ini menyimpan kandungan merkuri yang tidak baik untuk anak-anak dan ibu hamil.


12. Batang Tomat.

Tahukah kamu bahwa ternyata batang tomat dan daunnya mengandung glycoalkaloid yang sangat beracun? Nah, kalau kamu mau masak atau pun makan tomat, sebaiknya bagian atasnya kamu bersihkan dengan sangat teliti.


13. Telur mentah.

Kamu yang sering mengonsumsi telur mentah atau setengah matang kayaknya perlu waspada deh. Asal kamu tahu aja, telur mengandung Salmonella yang jika tidak dimasak dan masuk ke dalam aliran darah bisa berdampak bakteremia yang berdampak kematian. Wah!


14. Biji apel.

Sering menganggap sepele saat menelan biji apel? Wah, kamu keliru! Biji apel mengandung Amygdalin yang bisa menghasilkan sianida dan menyebabkan kematian.


15. Kacang.

Menurut riset yang telah dilakukan maka 1% dari penduduk dunia mengalami alergi dengan kacang. Jadi semisal penduduk dunia ada dua miliar jiwa, berarti ada 100 juta jiwa yang alergi dengan makanan lezat ini. Dengan demikian berhati-hatilah menyajikan kacang buat campuran dalam makanan, sebab bisa saja tamu kamu alergi terhadap makanan tersebut.