Brilio.net - Sepanjang sejarah manusia, virus influenza telah bertanggung jawab dalam membunuh jutaan manusia. Sebagai contoh di tahun 1918 sampai dengan tahun 1919, ada sekitar 50 juta orang meninggal dunia akibat penyakit flu di Spanyol.

Kejadian ini jadi bukti nyata bahwa flu dapat sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Apalagi kini pergantian musim makin tak menentu, perkembangan kuman, bakteri, dan virus juga makin menyebar. Akibatnya membuat seseorang jadi mudah terkena pilek dan flu.

Nah, kalau udah berdekatan dengan orang yang terkena flu, kita harus jaga jarak setidaknya dalam radius 6 meter. Nah, selain itu masih ada lagi beberapa fakta mengejutkan tentang flu, seperti dirangkum brilio.net dari Viralnova, Sabtu (14/5) berikut ini.

1. Dimulai dari Amerika, sekitar 20% penduduk terkena flu setiap tahunnya.

Loading...

fakta flu © 2016 brilio.net

2. Diperkirakan antara 3-5 juta orang mengalami kasus serius dari flu setiap tahun, dan 250.000-500.000 orang meninggal karena penyakit ini.

fakta flu © 2016 brilio.net

3. Para ilmuwan percaya bahwa pandemi flu terjadi dua atau tiga kali setiap abad.

fakta flu © 2016 brilio.net

4. Selama pandemi penyakit flu terjadi di Spanyol, Arizona sampai mengesahkan undang-undang yang membuatnya ilegal bagi orang untuk berjabat tangan.

fakta flu © 2016 brilio.net

5. Di Universitas Michigan, mahasiswa dapat diskors ketika tidak mengenakan masker selama Flu Spanyol.

fakta flu © 2016 brilio.net

BACA JUGA: 8 Penyakit ini bisa kamu idap cuma gara-gara ciuman bibir, bahaya nih!

6. Flu di Spanyol membunuh lebih banyak warga Amerika dalam satu tahun dibandingkan mereka yang tewas dalam pertempuran selama Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang Korea, dan Perang Vietnam.

fakta flu © 2016 brilio.net

7. Wabah yang sama membunuh lebih banyak orang dalam 24 minggu dibandingkan AIDS yang menyebabkan orang meninggal dalam 24 tahun.

fakta flu © 2016 brilio.net

8. Pandemi flu lebih 'senang' untuk menyerang anak muda atau orang yang sehat karena sistem kekebalan tubuh mereka akan bereaksi secara berlebihan untuk merusak apa yang terjadi di dalam tubuh.

fakta flu © 2016 brilio.net

9. Virus influenza bermutasi lebih dalam satu hari dan memiliki masa inkubasi yang termasuk singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita.

fakta flu © 2016 brilio.net

10. Virus influenza berukuran antara 20 dan 100 kali lebih kecil dari bakteri dan hanya dapat dilihat melalui mikroskop.

fakta flu © 2016 brilio.net

Masih ada 5 fakta mengerikan lagi soal flu lainnya.. KLIK NEXT