Brilio.net - Banyak orang yang mengekspresikan rasa cinta atau kasih sayang kepada pasangan dengan mengecup bibir. Memang sih, berciuman memiliki banyak manfaat kesehatan dan mempererat hubungan bagi pasangan yang lagi dimabuk asmara. Tapi tahu nggak, kalau ciuman pada bibir menyebabkan banyak penyakit yang cukup berbahaya? Nah lho..

Menurut sebuah penelitian, setiap kali seseorang berciuman selama 10 detik, maka sekitar 80 juta kuman akan berpindah dari orang tersebut pada pasangannya dan pasangan yang sering berciuman setiap harinya pun pada akhirnya akan memiliki jenis kuman yang hampir sama.

Tak hanya itu, beberapa jenis penyakit lainnya juga bisa ditularkan melalui ciuman bibir. Berikut rangkuman lengkapnya seperti dilansir brilio.net dari laman Wittyfeed, Rabu (20/4):

1. Herpes

penyakit karena ciuman © 2016 brilio.net

Loading...

Herpes adalah penyakit radang kulit yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung berisi air pada kulit penderita. Herpes disebabkan oleh virus. Virus herpes sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu Herpes Zoster dan Herpes Simpleks.

Herpes yang menyerang mulut disebut Herpes Simpleks dan bentuknya seperti sariawan di bibir. Jenis virus ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan virus saat seseorang berciuman dengan penderita infeksi herpes di daerah bibir dan sekitarnya.

2. Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD)

penyakit karena ciuman © 2016 brilio.net

Penyakit yang dalam dunia kedokteran dikenal sebagai penyakit Kaki, Tangan dan Mulut (KTM) ini sering disebut juga sebagai Flu Singapura. Infeksi KTM adalah penyakit virus akut yang muncul sebagai erupsi vesikular di mulut. Penyakit KTM sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang, salah satunya melalui air liur saat berciuman.

3. Kutil

penyakit karena ciuman © 2016 brilio.net

Kutil muncul karena adanya penebalan lapisan luar kulit secara berlebihan. Penyebabnya virus HPV yang memang menyerang kulit. Kutil dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita, terutama jika ada luka di dalam mulut kemudian berciuman bibir yang dalam.

4. Mononucleosis

penyakit karena ciuman © 2016 brilio.netPenyakit ini juga dikenal sebagai 'kissing disease' yang menular melalui cairan tubuh seperti air liur. Ciuman dalam dan lama seperti french kiss menyebabkan terjadinya pertukaran liur sehingga memungkinkan virus Epstein-Barr (EBV) berkembang pesat. Umumnya penderita Mononucleosis adalah remaja yang punya sistem imun yang masih rendah.

Gejala yang dapat ditemukan adalah sakit tenggorokan, demam, gelisah, rasa tidak enak badan, peradangan, mual, hingga kehilangan nafsu makan. Penyakit ini juga dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh dan menyebabkan terjadinya beberapa penyakit lain, seperti radang tenggorokan hingga hepatitis.

4 Penyakit lainnya lebih parah lagi. KLIK NEXT