Brilio.net - Apa bagian tubuhmu yang paling kotor, Sob? Mungkin kamu akan menjawab anus. Soalnya itu tempat keluarnya feses. Apakah benar demikian?

Peneliti dari Harvard School of Dental Medicine di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat menemukan bahwa lebih dari 615 jenis bakteri yang bersarang di mulut, lidah, dan tenggorokkan, lho. Bukan cuma itu, sumber lain juga menyebutkan kuku juga mengandung banyak bakteri yang nggak terlihat dengan mata telanjang.

Duh... nggak nyangka juga, ya? Jadi, bagian tubuh mana aja yang ternyata kotor, ya? Nih, udah dilansir brilio.net dari boldsky, Senin (21/11), delapan bagian tubuh paling kotor.

1. Wajah.

bagian tubuh jorok Istimewa

foto: hindustantimes.com

Wajahmu mungkin kelihatan bersih ketika kamu berkaca, Sob. Padahal menurut ahli, wajah adalah bagian tubuh paling kotor. Bakteri dari smartphone, meja, mouse, gagang pintu, atau apa pun yang kamu sentuh bisa berpindah ke wajahmu saat tanganmu mengusah wajah. Bakteri ini bisa jadi memunculkan bahaya terlebih kalau mengenai area luka di wajahmu, misal luka karena jerawat.

Nah, untuk perawatan wajahmu, yuk pakai #GantengKit dari GATSBY. Kamu bisa pakai face wash GATSBY yang punya enam varian, yaitu ice freeze, perfect clean, clear whitening, oil control, energizing fresh, dan anti-acne. Kamu bisa pilih yang sesuai kulit wajahmu, Sob.

2. Telinga.

bagian tubuh jorok Istimewa

foto: enca.com

Telinga mengandung lilin yang membantu kita dalam mendengar. Ketika kamu membersihkannya, biasanya bisa berisiko menyakiti telingamu sendiri. Lebih baik biarkan saja kotoran dalam telinga sebab telinga memiliki kapabilitas membersihkan diri sendiri.

3. Mata.

bagian tubuh jorok Istimewa

gif: iansomerhaldergifs.tumblr.com

Sudut matamu mengandung bakteri lho, Sob. Bulu mata juga bagian paling kotor dari tubuhmu karena mereka mengumpulkan kotoran supaya nggak masuk dan menginfeksi mata. Maka dari itu, kalau kamu mengalami infeksi mata, jangan menyentuhnya karena makin mencampur kotoran dan bakteri yang ada dan bisa bikin mata sakit.

4. Mulut.

bagian tubuh jorok Istimewa

gif: awnyaseoul.tumblr.com

Seperti sudah disebutkan di paragraf awal, mulutmu mengandung sebanyak 615 jenis bakteri, lho. Maka dari itu, kamu perlu rajin sikat gigi dua kali sehari untuk meminimalisir bahaya bakteria tersebut, misanya bau mulut, gigi berlubang, dan masalah gigi dan mulut lainnya.

5. Hidung.

bagian tubuh jorok Istimewa

foto: ohbythewayblog.blogspot.co.id

Kamu pasti pernah ngerasain hidung rasanya gatal bukan main, kan? Nah, hindari untuk menggaruknya apalagi sampai perih. Potensi debu dan bakteri bisa masuk ke luka tersebut dan bikin luka goresan menjadi parah. Apalagi hidung bagian wajah yang juga sering terpapar kotoran yang berterbangan di udara.

6. Kuku.

bagian tubuh jorok Istimewa

gif: fatherly.com

Kuku itu sarangnya bakteri. Soalnya bakteri paling demen berlindung di bawah kukumu. Apalagi kalau kamu habis menyentuh benda-benda kotor berbakteri, bakteri bisa melesat ke balik kukumu dan bersarang di sana.

Hati-hati nih, yang suka kuku panjang dan hitam... ugh... kotor banget. Keinget zaman sekolah ada sidak kuku panjang, kan?

7. Anus.

bagian tubuh jorok Istimewa

gif: imgur.com

Feses memang jorok. Bakteri dari sistem pencernaan bisa ikutan keluar bersama feses melewati anus. Maka dari itu, nggak heran kamu semua jijik sama feses dan lubang pengeluarannya.

Maka dari itu, cebok yang bersih, ya. Jangan lupa selepas Buang Air Besar/Kecil (BAB/BAK) cuci tangan, Sob. Biar bakteri di tangan juga musnah.

8. Pusar.

bagian tubuh jorok Istimewa

foto: nymag.com

Pusarmu juga sarang banyak bakteri, lho. Makanya kalau kamu sentuh gitu, baunya agak asem, kan?

Nah, Sob...perhatikan kembali kebersihan badanmu, ya. Jangan lupa lengkapi #GantengKit GATSBY untuk #StyleGanteng kamu. Men's grooming GATSBY banyak banget ragamnya, cek di sini untuk info lebih lanjut.