Brilio.net - Tubuh kita ini merupakan kumpulan yang kompleks dari berbagai siklus biologis dan juga sistem yang seringkali sulit untuk kita pahami. Siklus tersebut tanpa kita sadari bisa melindungi kita dari bahaya selama 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu, dari juga seluruh hal yang mungkin bisa merugikan kita.

Paling nggak ada sembilan hal menarik yang terjadi di tubuh kita yang mungkin nggak pernah disadari sebelumnya. Seperti dilansir brilio.net dari Brightside.me, Sabtu (19/11) berikut hal-hal yang kita nilai sebagai kejadian manusiawi yang ternyata merupakan mekanisme pertahanan buat tubuh kita lho. Apa saja sih? Simak di bawah ini Sob!

1. Menguap.

bersin-bersin © 2016 brilio.net

gif: giphy

Tujuan utama dari menguap ialah untuk mendinginkan otak kemudian terlalu panas atau kelebihan beban.

2. Bersin.

bersin-bersin © 2016 brilio.net

gif: zarrylovers

Ketika saluran hidung kita tiba-tiba kemasukan debu atau mungkin karena sudah terlalu penuh oleh mikroba, debu, alergi, atau iritasi lainnya, nah dengan bersin inilah tubuh otomatis menyingkirkan 'sampah' ini.

3. Meregangkan badan.

bersin-bersin © 2016 brilio.net foto: brightside

Meregangkan badan atau yang sering disebut ngulet ini secara naluriah adalah kegiatan di mana tubuh kita sedang mempersiapkan untuk menghadapi beban fisik nantinya. Nah, pada saat yang sama, peregangan pula membuat aliran darah lancar, meningkatkan suasana hati, dan membuat otot santai.

4. Cegukan.

bersin-bersin © 2016 brilio.net

gif: minshinshipper

Ketika kita makan sangat cepat dan menelan potongan makanan yang terlalu besar, atau makan berlebihan, saraf pneumogastric kita bisa mengalami iritasi. Hal ini terkait erat dengan perut dan diafragma. Hasilnya adalah cegukan.

5. Tersentak ketika tidur.

bersin-bersin © 2016 brilio.net foto: tofudonut.tumblr

Hal ini mengacu para perasaan aneh ketika kita berbaring untuk tidur dan tubuh seperti melayang, lalu kita akan tersentak yang tampak seperti sengatan listrik. Pada saat ini, semua otot bakalan mengejang begitu kuat sampai kita harus langsung terbangun.

Fenomena ini merupakan hasil dari kenyataan bahwa ketika seseorang mulai tertidur, frekuensi pernapasan menurun, otot-otot santai, dan denyut jantung melambat. Hebatnya, otak kita malah menafsirkan perkembangan ini sebagai pertanda kematian. Jadi tubuh mencoba untuk menyadarkan kita dengan memberikan sentakan.

6. Air mata.

bersin-bersin © 2016 brilio.net

gif: gifmaker

Selain bertindak sebagai perlindungan akan benda asing, air mata berfungsi sebagai alat pertahanan emosional. Ilmuwan percaya bahwa dalam situasi stres, tubuh menciptakan sumber tenaga baru untuk mengalihkan perhatian seseorang dari rasa sakit yang mereka alami. Menangis adalah cara mengaktifkan sumber tenaga tersebut.

7. Merinding.

bersin-bersin © 2016 brilio.net foto: dailyhealth

Fungsi utama dari merinding adalah untuk mengurangi jumlah panas tubuh yang hilang lewat pori-pori. Dengan merinding, tubuh lebih mudah untuk menghangatkan diri di kondisi iklim yang tidak ramah.

8. Lupa.

bersin-bersin © 2016 brilio.net foto: lifehacker

Kadang kita lupa kalau kemampuan manusia bisa lupa adalah suatu anugerah buat kita. Bayangkan jika kejadian buruk menimpa kita dan kita tidak bisa lupa? Menyakitkan bukan, Sobat Brilio?

Kehilangan memori sering terjadi setelah terjadinya pengalaman yang paling tidak menyenangkan. Otak kita benar-benar akan menghapus momen paling mengerikan dari ingatan kita. Hal ini seperti komputer yang di-restart kembali.

9. Kerutan pada kulit.

bersin-bersin © 2016 brilio.net foto: sciencefriday.com

Kerutan yang muncul pada kulit tangan kita memiliki peran yang sangat penting. Fenomena ini disebabkan oleh fakta bahwa ketika kita bertemu peningkatan jumlah uap air, tubuh memahami kalau lingkungan di sekitar kita mungkin licin. Jadi, kulit di tangan akan segera berubah dengan cara yang akan membuat kita lebih mudah untuk memegang permukaan halus.