Brilio.net - Banyak orang yang tak sadar jika dirinya sering menggaruk-garuk bagian tubuh karena gatal. Ya, yang namanya gatal tak tertahankan bisa bikin orang garuk-garuk di tempat dan waktu sembarangan. Kamu pasti pernah mengalaminya kan? Duh jorok deh!

Nah, jika dipikir-pikir lagi, bagian tubuh mana saja sih yang sering kamu garuk? kamu pernah sadar nggak apa yang bikin kamu sering garuk-garuk? Semakin sering kamu menggaruk bagian tubuh, bisa jadi itu menunjukkan tingkat kebersihan badanmu parah. Nah, berikut 7 kebiasaan menggaruk bagian tubuh yang sebenarnya bukti kalau kamu jorok abis.

1. Selangkangan

foto: kaskus & www.diez.hn

Duh...Kalau ini sih paling sering dilakukan para cowok. Tapi cewek juga ada yang melakukannya kok. Ngaku deh! Biasanya gatal yang terjadi di selakangan akibat bakteri atau infeksi jamur. Secara kuman paling senang sama tempat yang lembab. Bisa jadi, gatal di selakangan muncul karena kamu jarang ganti celana dalam. Ngaku deh!

2. Pantat

Loading...

foto: medicalnewstoday.com

Nggak cuma bagian depanmu saja yang sering gatal, bagian belakang tubuhmu alias pantat juga kadang manja minta digaruk. Jamur seringkali berkembang di daerah yanga gelap dan lembab. Nah, kalau pantatmu sering gatal, bisa jadi kamu jarang mengganti celana dalam atau belum mandi.

3. Punggung

foto: Youtube

Gatal di punggung bisa terjadi karena kamu belum mengganti baju. Jika gatal itu muncul setelah kamu bangun tidur, besar kemungkinan sprai kasurmu belum kamu ganti, atau kasurmu sudah lama nggak dijemur. Kalau bukan karena alasan itu, mungkin ada sebab lain sehingga punggungmu sering gatal. Periksa ke dokter menjadi solusi yang tepat buat kamu.

4. Ketiak

foto: health.howstuffworks.com

Lipatan-lipatan tubuh memang sering banget jadi sarang bakteri. Nggak cuma pantat dan selangkangan, kamu juga sering dibikin geli sama kuman-kuman yang ada di ketiak. Hiii! Apalagi jika kamu tipikal orang yang sering beraktivitas fisik tapi jarang mandi. Duh nggak kebayang deh!

5. Hidung

foto: kaskus.co.id

Menggaruk hidung alias ngupil pasti sering kamu lakukan. Nah, kalau kamu sering ngupil di sembarang tempat, itu jadi salah satu tanda kalau kamu termasuk orang yang jorok. Apalagi jika setelah ngupil, jari yang dipakai langsung ditempelin ke pakaian. Ih...kurang-kurangi deh kebiasaanmu itu!

 

Kamu pernah nggak? KLIK NEXT untuk melihat selanjutnya.

2 dari 2 halaman


6. Kuping

foto: deherba.com

Ayo ngaku siapa yang sering korek-korek kuping? Kuping juga sering jadi bagian tubuh yang digaruk atau dikorek. Jika kamu nggak mau dibilang jorok, jangan sering-sering korek kuping di depan umum ya!

7. Kepala

foto: blog.doctoroz.com

Nah, bagian tubuh yang juga sering digaruk adalah kepala. Bisa jadi garuk-garuk kepala yang kamu lakukan itu karena kamu pusing atau bingung mikirin sesuatu. Tapi kalau garuk-garukmu karena gatal akibat debu atau ketombe, itu jadi tanda kamu perlu lebih perhatian dengan rambut dan kepalamu. Jangan sampai kepalamu jadi sarang ketombe dan kutu. Ih...jorok banget!

Nah, coba ingat-ingat lagi dari 7 bagian tubuh itu, bagian mana saja yang sering kamu garuk? Semakin banyak bagian yang kerap kamu garuk, itu tunjukkan kalau kamu termasuk orang yang jorok. Jadi coba ubah gaya hidupmu biar kamu terhindar dari aktivitas garu-garuk tubuh.