Brilio.net - Yogyakarta memang jadi kota memiliki banyak destinasi wisata. Kalau udah liburan bareng keluarga diKota Gudeg, pastinya bakal cari tempat buat menikmati kuliner juga dong. Nah, kalau kamu menginginkan tempat makan dengan nuansa alami pegunungan, bisa nih kamu datang ke Griya Dhahar Erista Garden.

Griya Dhahar ini terletak di Jalan Kaliurang Kilometer 17, Pakem, Sleman. Karena berada tak jauh dari lokasi Gunung Merapi, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi di tempat ini. Menariknya lagi, rumah makan ini ada di dalam sebuah taman bernama Erista Garden yang dipenuhi bunga-bunga cantik lho. Nama Erista sendiri diambil dari nama pemilik taman seluas 1 hektar ini, yaitu Erista Adisetya.

kuliner serba biru instagram

foto: Instagram/@eristagarden

Nah, soal makanannya ada bervariasi. Kebanyakan yang disajikan adalah makanan tradisional, seperti nasi megono, sayur asem, sayur lodeh, dan masih banyak lagi. Lauknya juga beraneka macam, mulai dari ayam, telur, hingga nila. Ada juga cemilan tradisional yang nggak kalah menggoda iman lho, seperti tempe kemul, pisang goreng, singkong goreng, bakwan, dan lain-lain.

Loading...

Yang spesial lagi, di Griya Dhahar ini ada menu serba biru lho. Yap, nasi biru dan minuman berwarna biru. Tahukah kamu warna birunya dihasilkan dari mana? Ternyata warna biru pada nasi dan minuman ini berasal dari pewarna alami, yaitu bunga telang.

kuliner serba biru instagram

foto: Instagram/@eristagarden

Sang pemilik rumah makan, Erista Adisetya mengatakan kepada brilio.net pada Selasa (22/1) tentang ide membuat makanan dan minuman dari bunga telang.

"Karena saya suka bunga dan punya background ilmu pangan maka saya explore makanan yang berasal dari bunga. Ide bunga telang sebenarnya dari sahabat saya, doktor Abdullah Muzi yang disertasinya tentang manfaat bunga telang. Melihat begitu banyak manfaat bunga telang maka saya mencoba untuk membuat menjadi menu," ucap Eris.

Untuk memberikan warna biru pada makanan dan minuman, bunga telang harus direndam dulu dalam jangka waktu tertentu, sesuai dengan keinginan kepekatan warna biru yang dihasilkan. Setelah itu baru rendaman dicampur dengan minuman atau digunakan untuk memasak nasi.

Minuman dari rendaman bunga telang pun bisa dicampur dengan jeruk nipis ataupun lemon untuk menghasilkan warna biru.

kuliner serba biru instagram

foto: Instagram/@eristagarden

Soal keamanan, jangan khawatir. Makanan dan minuman dari bunga telang ini aman dikonsumsi kok. Selain aman, bunga ini juga memiliki banyak khasiat lho.

"Insya Allah aman. Bunga telang secara ilmiah telah terbukti sebagai pewarna alami yang aman, serta memiliki banyak khasiat untuk kesehatan," ujar Eris.

Untuk harga makanan sendiri dibanderol dari mulai Rp 2.000 hingga Rp 22.000. Griya Dhahar Erista Garden biasanya ramai dikunjungi pada saat akhir pekan, pengunjung berjumlah di kisaran ratusan orang. Griya Dhahar buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 8 malam.