Brilio.net - Pangandaran merupakan salah satu destinasi favorit di Jawa Barat. Tak sedikit wisatawan yang mampir ke kawasan Pangandaran untuk menghabiskan waktu liburan. Pangandaran sendiri dikenal dengan destinasi wisata pantainya. Namun Pangandaran sendiri memiliki banyak destinasi wisata selain pantai.

Tak sedikit orang yang mengetahui destinasi selain pantai di Pangandaran. Ada beberapa destinasi wisata yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi saat mampir ke Pangandaran. Brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Minggu (20/1), berikut deretan destinasi wisata di Pangandaran yang bisa kamu kunjungi.

1. Santirah

Pangandaran © 2019 brilio.net

foto: istimewa


Lokasi objek wisata body rafting Santirah berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi. Lokasinya sekitar 10 kilometer dari Pantai Pangandaran. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

2. Batu Lumpang

Pangandaran © 2019 brilio.net

foto: istimewa


Selain di Santirah, Batu Lumapang juga merupakan objek wisata untuk menikmati body rafitng. Pemandangan alam yang masih asri dan aliran sungai yang jernih kecuali musim penghujan, serta bukit yang memiliki julukan Grand Clift. Spot wisata tersebut menawarkan panorama ketinggian yang cocok untuk bersantai dan berfoto.

3. Wonder Hill Jogjogan

Pangandaran © 2019 brilio.net

foto: istimewa


Objek wisata yang bisa disebut sebagai 'surga kecil di Pangandaran' ini berlokasi di Dusun Gunung Tiga, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Dari Wonder Hill Jogjogan ini kamu bisa melihat pemandangan alam pegunungan dan panorama laut Pangandaran dan Pulau Nusakambangan.

4. Persawahan terasering

Pangandaran © 2019 brilio.net

foto: istimewa


Walau tidak sepopuler Tegal Alang, sawah terasering yang satu ini tidak kalah cantiknya dengan Ubud, Bali. Lokasi terasering sawah berada di Gunung Suhur, Desa Pagergunung, destinasi baru ini berada dikaki perbukitan hijau utara Pantai Pangandaran, sawah terasering yang satu ini pemandangannya langsung menghadap ke Samudera Hindia.

Dari sawah terasering ini kita dapat menyaksikan Kota Pangandaran yang diapit oleh dua buah pantai, yaitu Pantai Barat dan Pantai Timur. Akses menuju ke pesawahan tidak terlalu sulit karena bisa menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai ke lokasi sawah terasering ini kita harus berjalan kaki sekitar 15 menit  melewati perkebunan warga, jalannya sedikit menanjak. Tapi sesampainya di lokasi, semuanya terbayar lunas. Pemandangan luar biasa yang mungkin hanya dapat di nikmati di Pangandaran.