Brilio.net - Kata siapa Bali itu tempat wisata yang mainstream? Memang iya, kalau kamu mengunjunginya pantai sejuta umat seperti Sanur dan Kuta. Seperti yang sudah kamu tahu, pantai memang menjadi daya tarik pariwisata Pulau Dewata ini.

Tapi tahukah kamu ternyata masih banyak pantai tersembunyi yang menyimpan keindahan di Bali? Nah, kali ini Kamis (28/1) brilio.net akan kasih kamu referensi biar kamu bisa blusukan ke pantai yang masih sepi, serasa pantai pribadi deh!  

BACA JUGA: 15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

1. Pantai Nyang Nyang

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

Loading...

foto: edanedan.com

Jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin privasi, kenyamanan dan ketenangan dalam wisata pantai di Bali, maka pantai Nyang Nyang di daerah Uluwatu adalah salah satu pantai tersembunyi yang layak kamu kunjungi. Letaknya yang terlindungi tebing tinggi memang membuatmu harus mengeluarkan tenaga ekstra saat menuju bibir pantainya. Namun semuanya itu akan terbayar dengan keunikan pantai yang dihiasi oleh puing-puing kapal yang sangat indah dijadikan latar berfoto.

2. Pantai Gunung Payung

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: baliseru.com

Sebagai surga tersembunyi, Gunung Payung termasuk salah satu pantai yang mudah diakses. Hanya sejam perjalanan berkendara dari Kota Denpasar, tepatnya di kawasan Nusa Dua, kamu tinggal mengikuti papan petunjuk jalan untuk menuju ke sini. Setibanya di tujuan, bersiaplah untuk menikmati indahnya panorama samudera di cakrawala. Pantai ini sangat bersih dan tenang, cocok buat kamu yang ingin melakukan aktivitas yoga di tepi pantai. Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan di sini adalah surfing dan snorkeling.

3. Pantai Bias Tugel

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: indonesia.tripcanvas.co

Dalam bahasa setempat "Bias Tugel" berarti pantai yang terpotong karena area pantai berpasir putih ini tak begitu luas dan diapit oleh batu karang yang besar di kanan kirinya. Meski tak jauh dari Padang Bai, namun kamu perlu melalui medan yang cukup terjal sejauh kurang lebih 500 meter. Selain snorkeling kamu bisa juga berenang di lagunanya yang menyerupai kolam alami. Kalau sedang malas turun ke laut, kamu juga bisa mengeksplorasi keindahan karang-karang besar di sana.

4. Pantai Green Bowl

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: pegipegi.com

Disebut Pantai Green Bowl karena saat air laut sedang surut, gugusan karang di sini akan mengurung air yang tertinggal beserta lumut dan membentuk kolam alami berwarna hijau. Lokasinya yang cukup jauh di daerah Ungasan membuat pantai ini kurang populer dan sepi pengunjung, pantas jika disebut pantai ini sebagai surga yang terbengkalai. Meski untuk mencapainya perlu melalui berbagai kelokan dan jalur yang sempit, namun keindahan alam yang ditawarkan tiada duanya. Pantai Green Bowl juga terkenal akan goa-goa kecil di sekelilingnya yang dihuni oleh kelelawar. Jika kamu tidak takut dengan mereka, di siang hari kamu dapat masuk dan melihat ratusan kelelawar tidur bergelantungan di dinding goa.

5. Pantai Atuh

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: nusapenidabeauty.com

Terletak di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pantai yang satu ini memiliki pemandangan unik yang tak pernah kamu lihat sebelumnya. Perpaduan antara air laut sebening kristal yang memancarkan warna kebiruan, tebing yang tinggi dan curam, serta pasir yang begitu putih dan halus sungguh luar biasa. Tapi yang menjadi daya tarik utama Pantai Atuh adalah hamparan koral nan menawan dan beraneka warna, yang akan tampak jelas pada saat air laut sedang surut.

6. Pantai Pasih Uug

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: nusabalitour.com

Eloknya pantai Pasih Uug atau yang dikenal juga dengan nama Broken Beach ini juga tak boleh luput kamu nikmati. Pantai ini merupakan lauta yang "terperangkap" di antara tebing-tebing karang, membentuk kolam raksasa yang tiada duanya. Di atas pintu masuk airnya, terbentang sebuah jembatan alami dari batuan karang yang bisa kamu seberangi. Berani? Pantai cantik ini juga bisa kamu sambangi di Nusa Penida lho, tepatnya di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar.

7. Pantai Pasir Putih

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: bali.panduanwisata.id

Masyarakat lokal menyebutnya Pantai Perasi di Karangasem Bali, sedangkan wisatawan lebih mengenal pantai ini dengan nama White Sand Beach atau Pantai Pasir Putih, dan juga Virgin Beach. Bagi kamu yang menginginkan pantai yang sepi, jauh dari keramaian, bersih dan bebas polusi, maka di sinilah tempatnya. Bisa berenang di air yang biru jernih atau menyewa kursi pantai untuk bersantai dan berjemur sambil menikmati makanan dan minuman dari warung-warung di sekitarnya. Dan saking terpencilnya, sejauh mata memandang kamu tak akan melihat satu vila atau hotel pun di sekitar pantai yang masih asri ini.

8. Pantai Balangan

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: pedomanwisata.com

Letak Pantai Balangan berdekatan dengan Pantai Dreamland. Meski tak sepopuler Dreamland, Pantai Balangan juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indah. Selain memiliki panorama pantai yang cantik, Pantai Balangan cukup terkenal di kalangan para peselancar karena ombaknya yang cukup menantang. Kalaupun kamu tidak bisa surfing, pantai ini juga sangat asyik untuk berenang dan berjemur.  

9. Pantai Yeh Leh

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: theluxurysignature.com

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan, pantai ini tidak memiliki pasir putih seperti pantai-pantai wisata di Bali pada umumnya. Yang ada di bibir Pantai Yeh Leh adalah ribuan bebatuan berbagai ukuran, sebagian di antaranya menghijau karena tertutup oleh lumut. Kamu disarankan untuk mengunjunginya saat sedang surut, sehingga kamu bisa maksimal mendapat pemandangan keunikan bebatuan di pantai ini.

10. Pantai Karma Kandara

Abaikan dulu Kuta & Sanur, ini pesona deretan hidden beach di Bali

foto: anythingbali.com

Pantai yang terletak di Uluwatu ini masih termasuk ke dalam kawasan Karma Kandara Resort dan diperuntukkan untuk wisatawan yang menginap di resort tersebut. Jika tidak menginap di Karma Kandara Resort, kamu tetap bisa kok mengunjungi pantai eksotis ini, hanya saja kamu harus merogoh kocek Rp 250.000 sudah termasuk makan dan minum. Jika kamu punya budget lebih saat jalan-jalan di Bali, tidak ada salahnya untuk mampir ke pantai ini, selebriti dunia saja banyak lho yang sudah menginap di sana.