Brilio.net - Gunung Rinjani yang terletak di tiga kabupaten di Nusa Tenggara Barat yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Utara, Selasa(3/11) meletus. Tinggi letusan yang terjadi beberapa kali sejak pagi hari tersebut mencapai 1.000 meter di atas Kawah Barujari dan membawa abu vulkanik ke arah barat yaitu Bali dan hingga Banyuwangi.

Akibat abu vulkanik yang menyebar sampai Banyuwangi, mulai pukul 19.30 WIB Bandara Ngurah Rai di Bali ditutup sementara. Penutupan berdasarkan informasi BMKG dan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, melalui rilis persnya mengatakan, PVMBG terus melakukan pemantauan secara intensif guna mengevaluasi tingkat aktivitas Gunung Rinjani. "Hingga saat ini, masih terdapat potensi erupsi lanjutan yang diindikasikan dengan terekamnya gempa tremor embusan dengan amplituda maksimum 2-3 mm dengan lama gempa 5-10 detik. Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas/berkemah di dalam Kaldera Gunung Rinjani dan di dalam radius 3 km dari kawah Gunung Barujari yang berada di dalam Kaldera Gunung Rinjani," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Rinjani diharap tenang dan tetap waspada, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Rinjani.