Brilio.net - Kamu suka berpetualang di alam bebas, seperti camping atau mendaki gunung? Kegiatan ekstrem ini menjadikan kaki kamu bagian penting yang harus dijaga, bagaimana perlindungan yang aman agar kaki kamu selama perjalanan terasa nyaman. Dalam posisi ini, sepatu menjadi alas kaki yang sangat penting, mengapa? Tentunya untuk melindungi kaki kamu selama perjalanan, tapi jangan sampai kamu salah pilih sepatu.

Sepatu gunung memiliki karakter yang berbeda dengan sepatu casual, tidak mudah memilih sepatu gunung dan sulitnya sama seperti mencari pacar bagi para jomblo. Buat kamu yang akan membeli sepatu gunung, sebaiknya perhatikan hal berikut yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/10).

1. Jenis

Gampang-gampang susah pilih sepatu gunung, ini tips biar nggak salah!

Kamu bakal mendapati kelebihan dan kekurangan dari sepatu berbahan kanvas dengan kulit atau menggunakan kulit keseluruhan. Memang harga menjadi patokan dasar kualitas bahan, semakin bagus bahan yang digunakan maka harganya bakal semakin tinggi. Jika kamu memilih bahan yang seluruhnya menggunakan kulit itu merupakan pilihan tepat, kelebihannya lebih tahan air, daya tahan kuat di medan ekstrem sekalipun.

2. Bobot

Gampang-gampang susah pilih sepatu gunung, ini tips biar nggak salah!

Kamu pasti sudah merencanakan memilih sepatu dengan bobot yang ringan, saat digunakan berjalan pun tidak berat. Tapi, kamu perlu perhatikan juga teknologi sepatu tersebut. Meskipun ringan, harus tetap memberikan perlindungan maksimal.

3. Ukuran

Gampang-gampang susah pilih sepatu gunung, ini tips biar nggak salah!

Belilah sepatu dengan ukuran yang lebih besar, kenapa? Selain memberi ruang lebih buat kaki, juga demi menghindari lecet karena gesekan dalam waktu lama. Belum lagi jika kamu menggunakan sepatu gunung yang sangat pas ukurannnya dengan kaki, salah satu yang bisa terjadi adalah cedera pada kuku kaki yang berada di ujung dalam sepatu. Nilai lebihnya, kamu bisa memilih kaos kaki tebal, selai nyaman juga menghangatkan kaki kamu saat dalam cuaca dingin sekalipun.

4. Sepatu dengan leher panjang

Gampang-gampang susah pilih sepatu gunung, ini tips biar nggak salah!

Saran buat kamu, sepatu gunung dengan model leher agak tinggi dapat membantu menjaga persendian engkel kaki. Kamu akan terjaga dari terkilir, terluka ataupun tergores ranting kayu, misalnya. Selain itu juga bisa menjaga kakimu dari terkena benturan dan goncangan batu. Tapi, jangan pilih sepatu dengan leher terlalu tinggi karena bisa menyebabkan kaki menjadi lembab dan bau karena sirkulasi udara yang tidak lancar. Sepatu gunung yang baik, bagian tepi leher sepatu dilapisi bahan yang lebih lunak dan menebal untuk menghindarkan lecet pada kulit kaki.

5. Kaos kaki

Gampang-gampang susah pilih sepatu gunung, ini tips biar nggak salah!

Beli sepatu gunung, tentu kamu bakal membeli kaos kaki bukan? Kamu bisa memilih kaos kaki berbahan katun untuk lapisan pertama karena bisa membuang kelembapan. Tak perlu risau, saat ini sudah banyak kaos kaki yang memang khusus dirancang khusus hiking dan sangat mudah kamu temukan di toko perlengkapan adventure.