Brilio.net - Mendaki gunung, memang nggak semua orang bisa melakukan kegiatan dengan risiko yang tinggi ini. Banyak orang memiliki keinginan kuat untuk memandang magisnya alam dari atas puncak gunung, tapi apa daya kalau fisik nggak kuat.

Nah kali ini brilio.net beri tahu kamu tempat wisata keren yang bikin kamu bisa melihat indahnya delapan puncak gunung tanpa harus mendaki berjam-jam. Hmmm, di mana sih?

Gunung Kukusan, namanya. Ini merupakan salah satu puncak Perbukitan Menoreh yang memanjang di Kulonprogo Yogyakarta hingga Magelang. Secara administratif, Gunung Kukusan sebenarnya masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang tepatnya di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namun pengunjung biasanya masuk melalui Kabupaten Kulonprogo.

Untuk menuju Gunung Kukusan dari Kota Yogyakarta, pengunjung tinggal menuju Kabupaten Kulonprogo dan menuju kebun teh Nglinggo. Papan petunjuk pun sudah jelas di setiap jalan, akses jalan menuju kebun teh juga sudah bagus dan cukup mudah dilalui.

Dari sini kamu bisa lihat panorama 8 puncak gunung di Jawa Tengah

Kendaraan pengunjung Gunung Kukusan dapat diparkir di area parkir Kebun Teh Nglinggo dan perjalannan selanjutnya dapat dilakukan dengan menyusuri jalan setapak yang berada di salah satu sisi area kebun teh. Di tengah perjalanan terdapat pintu masuk Wisata Gunung Kukusan. Retribusi masuk Gunung Kukusan terpisah dengan retribusi masuk Desa Wisata Nglinggo karena berbeda pengelola, selain itu letak antara keduanya berbeda wilayah, di mana Gunung Kukusan masuk wilayah Kabupaten Magelang dan Wisata Nglinggo masuk daerah Kabupaten Kulonprogo.

Dari pos retribusi yang dipungut biaya masuk Rp 2.000, puncak Gunung Kukusan sudah terlihat. Terdapat dua puncak di sana yaitu puncak Dempok dan puncak Kendeng yang merupakan puncak tertinggi. Penamaan Puncak Kendeng berasal dari nama seorang bayi yang dikuburkan di atas puncak. Bayi yang berasal dari rahim kerabat Pangeran Diponegoro, dan nama bayinya adalah Pangeran Kendeng. Meninggal saat bayi ketika melintasi daerah sekitar Gunung Kukusan. Sampai saat ini Batu Besar di atas Puncak Kendeng dipercaya merupakan batu Nisan dari Pangeran Kendeng.

Dari sini kamu bisa lihat panorama 8 puncak gunung di Jawa Tengah

Nggak perlu pakai lama, dalam hitungan menit kamu bisa langsung sampai di puncak Gunung Kukusan. Walaupun cukup curam namun pengelola sudah membuatkan tangga setapak yang tentunya memudahkan pengunjung mendaki. Kedua puncak ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan luar biasa indahnya. Posisinya yang menghadap ke arah utara dengan area pemandangan luas tidak terhalang bukit manapun, sehingga dari sana kamu dapat melihat delapan puncak gunung di wilayah Jawa Tengah yang berdiri dengan gagahnya. Delapan gunung tersebut antara lain Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau Dieng.

Dengan catatan kamu harus datang dalam saat cuaca cerah. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan dari Puncak Gunung Kukusan adalah saat matahari terbit. Matahari akan terbit dari sisi sebelah kanan Puncak Gunung Kukusan yang tidak terhalang bukit dan delapan jajaran gunung di Jawa Tengah akan terlihat dari kejauhan. Fenomena ini jarang di temukan di tempat lain lho!