Brilio.net - Kamu pastinya pernah Liburan ke Bali, atau sedang merencanakan untuk berwisata ke Pulau Dewata suatu saat nanti? Kuta, Tanah Lot, Pandawa Beach merupakan destinasi yang sangat familiar yang pastinya kamu tahu. Tapi, Bali itu masih banyak memiliki destinasi eksotis yang belum kamu tahu lho, salah satunya di Bali wilayah timur. Dikenal sebagai pusat religi Bali, di sinilah letak gunung tersuci bagi Hindu Dharma yaitu Gunung Agung.

Selain itu, kamu harus tahu juga salah satu taman yang diakui UNESCO pertama di Indonesia juga terletak di Bali timur, Batur Geopark. Belum lagi kekayaan budaya Bali, kamu bisa berkunjung ke desa budaya di Bali Timur yaitu Desa Penglipuran dan Desa Tenganan.

Bagaimana dengan wisata pantai di Bali timur? Tenang saja, ada Pantai Amed dan Tulamben yang bisa kamu kunjungi, tentunya kamua akan merasakan atmosfer berbeda di sana. "Soalnya Bali timur masih jarang dikunjungi wisatawan lokal, kebanyakan yang saya jumpai di sana wisatawan mancanegara," kata Clara Shinta Dewi (22) salah satu traveler asal Surabaya yang baru saja liburan ke Bali timur.

Clara menambahkan, sebelum ke Bali timur ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dulu mengenai biaya penginapan, harga sewa peralatan snorkeling, dan terutama masalah transportasi umum yang jarang dijumpai menuju destinasi wisata tersebut. Sarannya, bisa bawa kendaaran pribadi agar lebih mudah menjangkau lokasi destinasi. Nah, biar kamu nggak penasaran. Yuk simak beberapa lokasi di Bali timur yang harus kamu kunjungi. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (27/11).

1. Pura Besakih

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

foto: en.wikipedia.com
Siapa yang tak kenal Pura Besakih? Pura terbesar dan termegah di Pulau Bali. Tempat wisata Bali timur ini terletak di ketinggian 1.000 m, bersandar di kaki gunung tertinggi di Bali yaitu Gunung Agung. Terdapat 23 pura di dalam kompleks ini dan Pura Penataran Agung sebagai tempat paling suci. Kamu bakal menemukan nuansa spiritual Hinduisme. Pura Besakih sering digunakan upacara dan perayaan keagamaan dan saksikan ratusan hingga ribuan orang Bali berdoa di sini.

2. Pura Goa Lawah

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

Pura ini merupakan satu dari sembilan pura suci di Bali. Selain itu, gua di sini terkenal sebagai rumah ribuan kelelawar. Menurut sejarah Pulau Bali, Pura ini telah ada semenjak tahun 1000-an yang dibangun oleh Mpu Kuturan. Konon Gua yang tidak pernah dieksplorasi ini berujung di Gunung Agung. Mistisnya gua kelelawar dipadu dengan Pura, membuat Pura ini selalu ramai oleh wisatawan. Kamu yang berencana ke tempat ini, angan lewatkan mampir ke Pantai Kusamba yang letaknya di seberang gua.

3. Batur Geopark

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

foto: disbudpar.banglikab.go.id
Batur Geopark adalah salah satu lokasi yang harus kamu kunjungi ketika memutuskan liburan ke Bali timur. Tempat ini diakui sebagai taman Geopark UNESCO kelas dunia pertama di Indonesia, keren kan. Geopark Batur ini memiliki pemandangan alam kelas dunia, danau elok dengan gunung menjulang tinggi, kawah gunung api yang aktif, kekayaan budaya dari Bali Aga di Trunyan hingga uniknya hayati di sini. Kintamani, biasanya jadi start awal untuk melihat pemandangan alam di Danau Batur.

4. Desa Penglipuran

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

foto: rinamaharani.wordpress.com
Destinasi yang sering di datangi wisatawan mancanegara, Desa Penglipuran. Desa ini memiliki arsitektur yang sangat unik, dengan landscape kumpulan rumah gaya Bali berjajar rapi dan sangat bersih. Kamu pasti ngiri lihat teman kamu foto-foto di sini, iya kan. Desa ini merupakan warisan budaya yang tidak hilang ditelan waktu. Suasana sejuk, sembari berjaln-jalan di desa dan ikut berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.

5. Desa Tenganan

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

foto: youtube.com
Terletak di Bali bagian timur, Desa Tenganan merupakan salah satu desa Bali Aga. Bali Aga diterjemahkan merupakan Bali kuno yang telah ada sebelum adanya migrasi Majapahit dari Jawa pada abad ke-15. Desa ini memiliki budaya dan arsitektur yang unik, sejak 1970a-an tempat ini mulai dikenal. Salah satu ritual yang paling terkenal yaitu Ritual makare kare, ritual pertarungan dengan daun pandan yang dilakukan setiap tahun untuk menghormati Dewa Indra.

6. Tirta Gangga

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

Dok. pribadi Clara Shinta Dewi
bak datang di sebuah tempat yang sangat sunyi, kolam-kolam dengan arsitektur yang indah. Sangat sejuk dan tenang bila datang ke Tirta Gangga. Lingkungan sekitar tempat ini didominasi warna hijau pepohonan, belum lagi perpafuan antara kolam air dengan patung dan bangunan kerajaan. Kamu dijamin bakal betah berada di Tirta Gangga.

7. Taman Air Sukasada

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

foto: siskanurifah.wordpress.com
Terletak di Kota Ujung dan di bibir laut Lombok, Taman Air Sukasada menawarkan pemandangan laut dan indahnya taman klasik ala Karang Asem. Kamu harus ke tempat ini, arsitektur taman ini begitu menarik. Dulu, tempat ini awalnya merupakan tempat pemandian raja dan sempat pula menjadi sempat menjadi rumah peristirahatan bagi delegasi kerajaan arang Asem. Saat ini tempat ini menjadi salah satu spot populer untuk menjadi latar foto prewedding loh. kamu yakin nggak mau ajakin pacar kemu ke Taman Air Sukasada.

8. Candi Dasa

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

foto: graceeliz.wordpress.com
Kamu suka menyelam? Nah, Candi Dasa merupakan sebuah lokasi penyelaman favorit yang terletak di Teluk Amuk, di mana teluk ini salah satu lokasi yang terkenal di Bali khususnya untuk menyelam. Selain Candi Dasa, di Teluk Amuk sendiri terdapat beberapa pulau kecil seperti Pulau Gili Biaha, Gili Mimpang, dan Gili Tekepong yang juga menjadi lokasi penyelaman paling favorit di kalangan para penyuka wisata bawah air laut.

9. Tulamben

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

foto: en.wikipedia.org
Mengunjungi destinasi seperti Tulamben, bak memaanjakan para penyuka pantai. Menyelam, Snorkeling bisa kamu lakuka di Tulamben. Di tempat ini, kamu bisa menikmati panorama keindahan biota laut, baik dengan menyelam ataupun hanya snorkeling. Tidak hanya pemilik sertifikat diving yang dapat menikmati pemandangan bawah laut di Tulamben, dengan kedalaman 5 meter pemandangan reruntuhan kapal kargo Amerika bernama USAT Liberty juga dapat dilihat dengan peralatan snorkeling.

10. Pantai Amed

10 Destinasi budaya dan eksotisme Bali timur yang jarang kamu tahu

Dok. pribadi Clara Shinta Dewi
Selain kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise saat pagi hari, Pantai Amed menawarkan keindahan bawah laut yang bisa kamu nikmati saat diving atau menyelam. Tidak seramai Kuta, Pantai Amed menawarkan pemandangan alam dan pantai yang indah, air yang sangat jernih, memiliki beraneka ragam biota laut, terumbu karang dan kehidupan lainnya. Hal ini menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk menyelam di pantai ini.