Brilio.net - Traveling saat ini memang sudah menjadi kebutuhan. Bagaimana tidak? Liburan atau sekadar jalan-jalan sangat efektif untuk menghilangkan penat karena berbagai aktivitas yang ada. Maka nggak heran jika traveling saat ini sangat nge-hits di kalangan anak muda.

Solo sebagai kota budaya menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi. Tak terhitung berapa banyak objek wisata yang ada di kota tersebut. Sehari atau dua hari untuk menjelajahi wisata di kota berjuluk The Spirit of Java ini saja pasti tak cukup.

Tapi permasalahannya, destinasi wisata yang ada di suatu kota kebanyakan lebih banyak buka pagi sampai sore hari. Alhasil, banyak orang yang kadang merasa bingung saat ingin menentukan tenpat untuk nongkrong mengisi waktu malam.

Nah biar nggak bingung, nih brilio.net kasih 7 tempat nongkrong yang bisa jadi solusi agar malammu di Solo nggak garing.

1. Kawasan Taman Sriwedari atau di Jalan Slamet Riyadi

7 Tempat nongkrong ini bikin malammu di Solo jadi nggak garing! Foto: Romdlon
Baik pagi, siang, sore, atau pun malam hari, Jalan Slamet Riyadi tetap menjadi pusat dari segala aktivitas yang ada. Banyak sekali destinasi wisata yang ada di sepanjang jalan itu, mulai dari Taman Sriwedari, Museum Radyapustaka, Museum Batik Danar Hadi, Lodji Gandrung. Meskipun saat malam hari Museum Radyapustaka dan Museum Batik Danar Hadi tutup, kawasan ini tetap menjadi tujuan anak amuda. Banyak sekali anak muda yang menghabiskan waktu untuk nongkrong di depan taman Sriwedari dan sekitarnya.

2. Gladag Langen Bogan (Galabo)

7 Tempat nongkrong ini bikin malammu di Solo jadi nggak garing! Foto: Romdlon
Nah, ini ini salah satu pusat kulinernya Solo saat malam hari. Jalan Mayor Sunaryo ini saat malam hari disulap menjadi pusat kuliner. Tak ada kendaraan yang lewat karena badan jalan digunakan pengunjung untuk menikmati aneka kuliner yang ada. Ada banyak kuliner yang dijual di sini, mulai dari kuliner khas Solo seperti tengkleng dan sate buntel hingga kuliner umum seperti bakso, soto, atau pun sop iga. Galabo bisa menjadi solusi untuk makan malam karena punya banyak pilihan kuliner di sana.

3. Ngarsopuro Night Market

7 Tempat nongkrong ini bikin malammu di Solo jadi nggak garing! Foto: www.yukpegi.com
Ngarsopuro merupakan suatu kawasan di depan Pura Mangkunegaran yang dahulu adalah kawasan barang antik. Sejak tahun 2009, kawasan ini telah disulap menjadi tempat yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Saat malam hari, kawasan ini sangat ramai, utamanya pada Sabtu malam dan Minggu malam karena ada Ngarsopuro Night Market.

4. Wedangan di depan Bank CIMB

7 Tempat nongkrong ini bikin malammu di Solo jadi nggak garing! Foto: www.travellers.web.id
Jika kamu berlibur di Solo dan menginap, kamu wajib mencoba wedangan. Wedangan adalah istilah lain dari angkringan yang ada Jogja. Salah satu wedangan yang bisa jadi rekomendasi adalah wedangan yang terletak di depan Bank CIMB. Kamu bisa mencicipi aneka wedang atau minuman, gorengan, dan berbagai makanan tradisional di sini. Selain di tempat itu, wedangan juga tersebar di berbagai penjuru jalan Kota Solo. Jangan khawatir soal harga, wedangan sudah terjamin akan memberikan harga yang murah meriah.

5. Kafe Tiga Tjeret

7 Tempat nongkrong ini bikin malammu di Solo jadi nggak garing! Foto: www.yukpiknik.com
Kalau kamu anak hits yang ingin menghabiskan waktu malam dengan nongkrong di kafe, ada baiknya kamu coba datangi kafe Tiga Tjeret ini. Dengan kreativitas, konsep wedangan yang menyuguhkan aneka makanan sederhana dibawa ke kafe ala anak muda. Alhasil, jadilah tampilan kafe tapi konsep wedangan. Menarik kan? Selain Tiga Tjeret, Wedangan Rumah Nenek, Wedangan Pendopo, dan Wedangan Omah Lawas juga mengusung konsep serupa.

6. Alun-alun Kidul

7 Tempat nongkrong ini bikin malammu di Solo jadi nggak garing!

Foto: musjono.blogspot.co.id
Alun-alun Kidul juga salah satu tempat yang menjadi tujuan wisatawan kala malam tiba. Saat malam hari tempat ini berubah menjadi pusat nongkrong, baik anak-anak, remaja, hingga orangtua. Di sini kamu bisa mencoba menaiki becak berhias lampu yang membuat suasana menjadi meriah. Saat lapar, kamu bisa memilih menikmati jagung bakar. Wah, romantis kan?

7. Depan Bank Indonesia

7 Tempat nongkrong ini bikin malammu di Solo jadi nggak garing! Foto: Romdlon
Kawasan Benteng Vastenburg ini saat malam hari juga bisa digunakan anak muda untuk nongkrong. Menikmati lalu-lalang ribuan kendaraan menjadi pemandangan yang cukup menarik. Sorot lampu yang ada menambah kehangatan malam di tempat ini. Jangan takut kelaparan, karena di sepanjang kawasan ini juga banyak berjualan makanan, mulai wedangan hingga bakso.