Brilio.net - Malang, kota di Jawa Timur ini memang menawarkan pesona yang selalu menggoda para traveler untuk berkunjung ke sana. Tidak bisa disangkal, banyak dari mereka yang menjadikan Gunung Semeru, Bromo dan kota wisata Batu sebagai tujuan utama ketika pergi ke Malang. Padahal, ada banyak tempat-tempat menarik lain di Malang yang sangat layak untuk dikunjungi.

Siapa sangka, Malang ternyata punya banyak pantai yang jumlah dan pesonanya boleh diadu dengan yang ada di Bali. Setelah ngobrol-ngobrol dengan anggota Komunitas Backpacker Malang, yuk kita bahas 15 pantai di Malang yang cocok buat kamu si penyuka "vitamin Sea".

1. Pantai Clungup

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: pegipegi.com

Loading...

Menyusuri perkebunan dan sawah-sawah warga dengan jarak tempuh dengan berjalan kami hingga 30 menit tak menjadi sia-sia. Di ujung sana, Pantai Clungup, pantai tersembunyi dengan segala pesonanya telah menanti. Sepanjang jalan, bunga jengger ayam terlihat seperti ladang bunga yang sengaja di tanam untuk dipanen. Kamu perlu sedikit perjuangan dengan menaiki bukit terlebih dahulu untuk bisa melihat keindahan Pantai Clungup. Lokasi pantai ini sendiri berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

2. Pantai Kondang Merak

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: instagram @dhul.hamed

Pantai Kondang Merak merupakan salah satu pantai yang cukup dikenal di Malang. Pantai ini memiliki ciri khas berupa lumut yang banyak terdapat di pinggiran pantai. Di sini, kita juga akan mendapati banyak terumbu karang. Di pinggiran pantai ini biasanya kita akan menemukan banyak landak, gurita kecil, serta ikan-ikan kecil yang bersembunyi di balik karang.

3. Pantai Balekambang

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: surabaya.panduanwisata.id

Pantai Balekambang adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Malang. Banyak orang yang menyebut pantai ini sebagai Tanah Lot nya Malang karna kondisi di sekitar pantai yang mirip dengan Tanah Lot di Bali. Jika di Tanah Lot ada sebuah pura yang berada di sebuah pulau karang, begipula di Pantai Balekambang. Pulau karang yang mirip dengan Tanah Lot tersebut dinamakan Pulau Ismoyo. Jika di Tanah Lot kita hanya bisa melihat deburan ombak yang menghantam karang, di Pantai Balekambang kita masih bisa bermain-main di pasir pantainya. Lokasi pantai ini berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur

4. Pantai Batu Bengkung

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: instagram @subektibagus

Nikmati sensasi deburan ombak dari tebing Batu Bengkung. Pantai-pantai disekitar layaknya pulau kecil tak berpenghuni yang dibatasi oleh karang-karang besar. Dari atas tebing kamu bisa mendapat ketenangan dan berucap syukur atas mahakarya Tuhan yang sangat indah ini.

5. Pantai Sendang Biru

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: general.web.id

Selain menjadi tempat wisata yang populer, pantai ini juga merupakan salah satu pusat kegiatan nelayan di Malang. Tak heran kalau kamu akan menemukan banyak sekali perahu nelayan yang sedang terparkir di tepian pantai. Nama pantai ini diambil dari keberadaan sebuah sumber air (sendang) yang ada di sekitar pantai. Lokasi pantai ini sendiri berada di dusun Sendangbiru, desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sekitar 30 km jika ditempuh dari Kota Malang. "Kalau bagi orang Malang, pantai ini bisa dibilang udah mainstream, tapi buat wisatawan ya oke juga," ujar Prasetya Budi yang akrab disapa dengan Buduy, salah satu anggota komunitas Backpacker Malang.

6. Pantai Banyu Anjlok

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: seputarmalang.com

Dalam bahasa Jawa, anjlok berarti melompat dari ketinggian. Bisa ditebak, apa yang membuat pantai ini dinamakan Banyu Anjlok. Yap, di pantai ini ada sebuah air terjun yang jatuhnya langsung ke bibir pantai sehingga suasananya menjadi sangat indah dan unik. Sumber air di air terjun tersebut berasal dari bukit yang mengalir ke tebing setinggi sekitar tujuh meter. Lokasi pantai ini sendiri berada di Teluk Kletekan

7. Pantai Ngliyep

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: ngalam.co

Sekitar 62 km dari Kota Malang, tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, kita akan menemukan sebuah pantai cantik yang belum terlalu ramai. Namanya adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini memiliki suasana yang indah dengan pasir putih keemasan dan air laut yang jernih. "Enaknya, pantai ini cukup sepi. Saya pernah camping di sini, juga asyik," kata travelblogger tersebut

8. Pantai Jonggring Saloko

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: surabaya.panduanwisata.id

Para pendaki pasti sudah sangat familiar dengan kata "Jonggring Saloko". Jonggring Saloko merupakan nama kawah Gunung Semeru yang terkenal itu. Ternyata, nama ini juga digunakan untuk memberi identitas pada salah satu pantai di Malang. "Akses jalannya masih cukup susah. Kalau nggak tega bilang jelek ya bilang aja kurang bagus," canda Buduy. Lokasi Pantai Jonggring Saloko berada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo.

9. Pantai Sipelot

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: flickr.com/haris2212

Namanya memang agak aneh, tapi suasana di sana akan membuat kita nyaman. Pantai Sipelot berada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Ombak di pantai ini cenderung tenang meski notabene pantai ini masuk dalam jajaran Pantai Selatan yang terkenal memiliki ombak yang ganas. Pantai Sipelot telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap termasuk area parkir, warung makan, mushola hingga toilet. Tidak jauh dari lokasi pantai ada sebuah air terjun kecil yang oleh masyarakat dinamakan Coban Sipelot.

10. Pantai Bantol

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: nginepmana.com

Pantai Bantol adalah salah satu pantai yang sepi dari kunjungan. Akes menuju pantai ini memang cukup sulit karna harus melewati hutan jati. Pengunjung pantai ini kebanyakan adalah para petualang serta pecinta alam yang menyukai tantangan. Secara administratif lokasi Pantai Bantol masuk wilayah Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo. Di sekitar pantai terdapat sebuah danau air payau serta area hutan mangrove meskipun tidak terlalu luas.

11. Pantai Jembatan Panjang

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: malangonline.com

Pantai lain yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Malang adalah Pantai Jembatan Panjang. Pantai ini merupakan tetangga dari Pantai Balekambang sehingga suasananya tidak jauh berbeda dengan sang tetangga. Ciri khas utama pantai ini adalah keberadaan sebuah jembatan yang sudah rusak. Jembatan itu dibangun untuk menghubungkan sebuah pulau yang ada di sekitar pantai. Mitos yang beredar, pembangunan jembatan tersebut tidak disetujui oleh penghuni setempat alias makhluk halus sehingga tiap ada upaya perbaikan jembatan, tiap kali pula jembatan tersebut mengalami kerusakan.

12. Pantai Licin

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: surabaya.panduanwisata.id

Pantai Licin merupakan pantai yang berada di ujung timur kabupaten Malang dan berbatasan dengan Lumajang. "Yang bikin beda, pasirnya hitam karena katanya sih pasir bawaan dari Semeru," terang Buduy. Yang menarik dari pantai ini adalah ada sebuah karang yang menyerupai gerbang. Keren banget untuk foto!

13. Pantai Kondang Iwak

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: yukpiknik.com

Banyak pantai di kecamatan Donomulyo yang membutuhkan usaha keras untuk dicapai. Salah satunya adalah Pantai Kondang Iwak yang berada di Desa Tulungrejo. Selain kondisi jalan yang tidak accessible, lokasinya juga cenderung sangat jauh dari pusat kota Malang. Sekitar 70 km. Namun, itulah konsekuensi yang harus dibayar jika ingin menikmati keindahan pantai Kondang Iwak ini. Pantainya sepi, jauh dari ingar bingar. "Saya belum pernah ke sana, cuma pernah dengar dari temen. Soalnya lokasi memang jauh banget," kata Buduy

14. Pantai Lenggoksono

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: seputarmalang.com

Pantai Lenggoksono dikenal memiliki kekayaan hasil laut yang melimpah macam lobster, cumi-cumi, layur, hingga cakalang. Di sekitar pantai kita bisa melihat pemandangan bukit-bukit hijau. Kamu bisa terteduh di salah satu pohon di pinggir pantai untuk menikmati pemandangan tersebut sambil leyeh-leyeh. Buat kamu yang hobby mancing juga cocok wisata ke pantai ini. Pantai Lenggoksono berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo.

15. Pantai Goa China

15 Pantai di Malang yang nggak kalah keren dari Bali

foto: surabaya.panduanwisata.id

Nama asli pantai sebenarnya adalah Pantai Rowo Indah. Namun, ada sebuah peristiwa yang membuat namanya kemudian berubah menjadi Goa Cina. Di sekitar pantai ada sebuah goa yang lokasinya berada di bukit karang. Dulu, ada seorang Cina yang bersemedi di goa tersbut. Namun orang tersebut akhirnya meninggal ketika sedang bersemedi hinggga muncullah nama Goa Cina. Pantai Goa Cina sendiri memiliki suasana yang indah dengan pulau-pulau karang yang melengkapi keindahan pantai. Ada tiga buah pulau karang yang bisa kamu jumpai di sekitar Pantai Goa Cina. Lokasi pantai ini sendiri berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.