Brilio.net - Traveling menjadi pilihan banyak orang untuk melepas kepenatan. Sering kita melihat orang di Instagram memposting foto saat dirinya traveling atau bepergian ke luar negeri atau ke tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Ya, memang traveling seperti itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tapi apa yang harus kamu lakukan jika kamu tidak memiliki budget sebesar itu?

Dalam beberapa tulisan atau artikel disebutkan bahwa kamu bisa traveling secara gratis. Ya, hal itu bisa didapatkan misalnya jika kamu menumpang tidur di rumah orang lain, menumpang kendaraan orang lain. Meski begitu, traveling tetap akan membutuhkan biaya, setidaknya untuk beberapa hal.

Untungnya, ada beberapa cara ampuh untuk paling tidak, bisa meminimalkan biaya yang akan kamu gunakan saat traveling dan membuat travelingmu mungkin bisa menjadi lebih lama. Dilansir brilio.net dari indietraveller.co, Sabtu (6/4) berikut lima tips agar kamu bisa traveling semurah mungkin.

1. Selalu pergi atau traveling secara independen.

Loading...

trik traveling istimewa

foto: Instagram/@frauki

Tips yang pertama ini sangat masuk akal. Jika kamu ingin traveling murah, jangan pernah traveling dengan mengikuti agen tur atau agen travel. Banyak orang lebih memilih membayar agen tur yang mahal hanya karena mereka pikir mereka tidak akan bisa melakukannya sendirian dengan segala proses yang harus dilakukan.

Memang melalui agen tur akan menjadi lebih mudah, khususnya untuk traveling atau perjalanan jangka pendek. Tapi untuk bisa traveling dengan biaya yang tidak terlalu banyak, kamu harus traveling secara independen. Selain itu kamu juga akan memiliki kebebasan untuk memilih moda transportasi dengan harga terbaik buat kamu. Dari segi waktu, kamu juga tidak akan terbeban dengan jadwal yang ditentukan oleh agen tur jika kamu bepergian secara independen.

2. Hindari traveling saat high season.

High season adalah musim liburan seperti libur musim panas, libur Natal dan tahun baru, libur Lebaran, dan masih banyak lagi. Traveling di luar high season tidak hanya murah dari segi transportasi dan harga-harga lainnya, tapi kamu juga bisa menikmati destinasi tanpa khawatir penuh sesak.

3. Pilih hostel, bukan hotel.

trik traveling istimewa

foto: indietraveller.co

Kasur besar dan nyaman, TV kabel dengan ratusan chanel? Petualang sejati tidak membutuhkan itu! Kamupun tidak akan terlalu membutuhkannya jika kamu memang traveling dan bepergian seharian. Yang kamu butuhkan hanya sederhana, yaitu tempat untuk tidur dan beberapa fasilitas dasar lainnya.

Hostel pada dasarnya adalah penginapan yang menyediakan tempat untuk tidur yang murah, dan bahkan mugkin ada dapur untuk memasak karena di hostel biasanya kamu hanya menyewa tempat untuk tidur dan kamu berbagi kamar dengan traveler lain. Kasur yang digunakan adalah kasur tingkat, seperti yang ada di asrama. Namun, jika kamu tidak ingin berbagi ruang dengan traveler lain, kamu juga bisa menemukan hostel yang menyediakan kamar yang tidak harus berbagi dengan traveler lain (tetap dengan harga yang terjangkau).

4. Berfokuslah pada aktivitas bebas.

trik traveling istimewa

foto: Instagram/@daniel_ernst

Pergilah ke pantai, taman nasional, atau museum yang gratis. Atau kamu bisa jalan-jalan exploring tempat-tampat yang tidak banyak dikunjungi orang. Dengan begitu kamu akan menghemat biaya untuk destinasi tujuanmu. Uangmu bisa kamu sisihkan untuk keperluan yang lainnya.

5. Hindari tempat wisata yang terlalu mahal.

Setiap negara bahkan kota memiliki ikon wisatanya tersendiri. Beberapa dari mereka memang bagus, namun beberapa dari mereka ada juga yang mengecewakan atau tidak sebanding dengan harga tiket masuknya. Kamu harus pintar memilih tempat mana yang harganya sepadan dengan apa yang ditawrkan di sana, sehingga kamu bisa menyisakan uangmu untuk hal lain atau bahkan bisa membuat liburanmu menjadi lebih lama.

Itu dia 5 tips agar traveling kamu tidak terlalu mahal dan terjangkau. Apakah kamu sudah memilih destinasi untuk liburanmu selanjutnya?

(mgg/aldorino mahendra)