×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Wisata Jogja terbaik dan gratis, traveling hemat & hati puas

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

10 Wisata Jogja terbaik dan gratis, traveling hemat & hati puas

Berwisata yang seru tak harus mahal.

(brl/pep)

20 / 03 / 2019 15:29

Brilio.net - Yogyakarta merupakan salah satu kota destinasi wisata favorit di Indonesia. Keluarga kerajaan yang dipimpin Sultan secara turun temurun pun masih terjadi hingga hingga sekarang. Bahkan dalam dunia kepemimpinan politik, Sultan selalu menjabat sebagai gubernur. Maka tak heran jika di Yogyakarta tidak ada pemilihan gubernur.

Saat ini Yogyakarta tak hanya menjadi kota pelajar dan kota sejarah melainkan kota wisata. Destinasi alamnya yang asri menjadikan Yogyakarta menjadi kota wisata baik yang masih alami maupun yang sudah dikreasikan menjadi modern.

Masyarakat pun berbondong-bondong untuk mengkreasikan alam sekitarnya agar menjadi pundi-pundi pendapatan. Baik sampingan maupun utama. Namun ternyata masih ada loh tempat wisata yang gratis. Apa saja kah tempatnya?

Berikut ulasan tempat wisata di Yogyakarta terbaik dan gratis yang menarik buat dikunjungi, Rabu (21/3).

1. Malioboro.

Loading...

malioboro Istimewa

foto: instagram/@malioboro_insta

Tempat ini sudah menjadi tempat wajib di Jogja yang harus dikunjungi jika kamu pergi ke Jogja. Selain kamu bisa membeli suvenir khas Jogja, jalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro tidak perlu mengeluarkan uang loh. Alias gratis!

Jika dahulu pasar ini selalu ramai karena kendaraan yang parkir di depan toko, maka kini parkir dialihkan pada suatu bangunan. Setiap pengunjung pun dapat lebih nyaman berjalan dan berbelanja. Bagi umat muslim juga tersedia masjid. Maka kamu tak perlu khawatir melewatkan jam ibadah karena sedang berwisata.

2. Titik Nol.

wisata gratis jogja Istimewa

foto: Instagram/@jogjascenery

Banyak orang mengatakan, semua kisah tentang Jogja berawal dari sini. Mengapa? titik nol kota Jogja adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentu jarak antar daerah di Jogja atau kota-kota lain di luar Jogja.

Titik Nol Jogja berada di lintasan antara alun-alun utara hingga Ngejaman di ujung selatan Malioboro. Tempat ini biasa digunakan para wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan berbagai pentas seni yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, seperti komunitas mahasiswa di kampus, komunitas tertentu yang tak berhubungan dengan kampus, bahkan program pemerintah jika bertepatan dengan hari raya.

3. Alun-Alun Kidul.

wisata gratis jogja Istimewa

wisata gratis jogja Istimewa

foto: Instagram/@diasagustina, Instagram/@antarejatour

Sering melihat orang lain berfoto di dalam mobil terbuka dan penuh lampu? Di sinilah tempatnya. Jika kamu tertarik, kamu bisa membayar biaya sewa. Selain bisa berkeliling-keliling bersama teman dan keluarga, wisatawan bisa nongkrong di tempat ini. Nongrong di sini sembari menikmati alam malam dan melalukan berbagai permainan di sini bisa gratis loh.

4. Bukit Bintang.

wisata gratis jogja Istimewa

foto: Instagram/@atjogja

Salah satu tempat nongkrong gratis di malam hari ialah bukit bintang. Terletak di dataran tinggi menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata malam hari yang indah. Jikaa kamu berkujung ke tempat ini, kamu akan disuguhkan taburan lampu-lampu di dataran yang lebih rendah. Maka dari itu, tempat ini disebut sebagai bukit bintang. Tempat nongkrong ini gratis jika kamu tak membeli jajan disekitarnya hehhehee

5. Tugu Jogja.

wisata gratis jogja Istimewa

foto: Instagram/@resasstra

Nah kalau tempat ini pasti sudah nggak asing lagi dong ya? Berkunjung ke Jogja, rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung dan berfoto ditempat ini. Pada dasarnya Tugu Jogja merupakan titik garis imajiner dari Gunung Merapi, Kraton Jogja dan Pantai Selatan. Karena tempat ini menyuguhkan ikon yang tidak terdapat di kota lain, berwisata di tempat ini gratis loh!

6. Watu Giring.

wisata gratis jogja Istimewa

foto: Instagram/@piknikdong

Watu Giring adalah sebuah bebatuan alam yang diambil dengan dipotong-potong di tempat oleh para penambang batu alam hingga menjadi seperti anak tangga atau heritage megalitikum. Tempat wisata yang baru buka dan diperkenalkan oleh masyarakat Semanu, Gunungkidul ini mendapat cukup banayk perhatian di Instagram. Lantas bagaimana dengan retribusinya? Pada awalnya tempat wisata ini gratis, namun seiring berjalannya waktu dan banyak pengunjung yang tidak ikut menjaga kebersihan, kini tempat wisata ini menyediakan kotak retribusi seikhlasnya untuk membantu kebersihan di sana.

7. Spot Riyadi.

wisata gratis jogja Istimewa

wisata gratis jogja Istimewa

foto: instagram/@tempattravel, instagram/@satyadw

Spot Riyadi menawarkan pemandangan sunrise atau sunset indah. Di sini kamu bisa menikmati indahnya persawahan, Candi Sojiwan, Candi Prambanan dan Gunung Merapi dari atas. Susahnya akses jalanan menanjang dan terjal akan terbayar ketika kamu sampai ke puncak. Jangan lupa membawa makanan atau minuman untuk menambah kenikmatan pemandangan alam disana. Saat malam pun tak kalah bagusnya jika kamu melewatkan waktu sunrise atau sunset. Pemandangan alam yang indah dengan berbagai lampu yang bertebaran di bawah bisa kamu nikmati.

8. Lava Bantal Jogja.

wisata gratis jogja Istimewa

foto:instagram/@jogjatulen

Salah satu tempat yang sudah ada sejak jutaan tahun lalu, menyita perhatian warga baru-baru ini. Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal.

Sederet batuan berbentuk seperti banyal yang di tengahnya mengalir sungai menjadi destinasi alam yang unik di kota ini. Untuk retribusi wisata di sini gratis jika kamu hanya ingin menikmati pemandangan alamnya. Berfoto sepuasnya hingga foto prewedding loh! Namun jika kamu ingin menikmati berbagai permainan, kamu harus membayar biaya sewa. Wisata Lava Bantal buka setiap hari dari pukul 06.00-18.00 WIB.

9. Tebing Watu Mabur.

wisata gratis jogja Istimewa

foto:instagram/zonagrafi_jogja

View kabut tebal yang masih dominan, selalu menyuguhkan suasana indah di tempat ini. Suasana asri perbukitan yang bawahnya terdapat hamparan sawah luas menambah keindahan tempat ini. Berbagai spot foto yang Instagramable menambah keunikan fotomu. Tebing Watu Mabur berlokasi Mangunan, Dlingo, Bantul ini buka setiap hari tanpa meminta kamu membayarnya ketika masuk.

10. Gumuk Pasir.

wisata gratis jogja Istimewa

foto:instagram/kunto_ari

Tumpukan pasir pantai yang banyak menjadikan gumuk pasir sebagai salah satu destinasi alam yang unik. Berbagai spot foto ala-ala gurun Afrika dapat kamu dapatkan di sini. Berbagai permainan pun dapat kamu nikmati di sini secara berbayar. Namun jika hanya ingin menikmati keindahan alam dan berfoto-foto saja, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun. Gumuk pasir ini buka 24 jam namun disarankan sore hari atau pagi hari saja jika ingin bermain di area gumuk pasir karena area ini akan terasa sangat panas di atas jam 10 pagi.

(mgg/chatarina lia)







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more