Brilio.net - Melihat pantai dengan pasir berwarna krem mungkin bukan hal aneh lagi di mata kamu. Tapi kalau ternyata banyak pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna-warni mulai dari hijau, ungu, pelangi bahkan transparan, sangat menakjubkan pastinya, ya kan?

Nah, kali ini brilio.net akan kasih tahu kamu di mana sajakah pantai-pantai tersebut berada, siapa tahu bisa jadi referensi wisatamu. Check this out, seperti yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (4/3):


1. Pasir merah

foto: aisforaiden.com

Siapa sih yang tidak kenal Hawaii dengan pesona pantainya yang selalu menggoda. Ternyata selain keindahan birunya air laut, Hawaii juga memiliki Red Beach, dengan pasir berwarna merah yang terletak di Kaihalulu, Maui. Warna merah di Pantai Kaihalulu ini disebabkan oleh abu vulkanik yang berada di sekeliling pantai dan menyebabkan pasir pantai di sekitar tempat tersebut menjadi merah.


2. Pasir hijau

foto: www.explore-the-big-island.com

Selain memiliki pantai dengan pasir warna merah, ternyata Hawaii juga memiliki pantai dengan pasir berwarna hijau yang disebut dengan Papakolea beach atau Green Beach. Green Beach ini adalah pantai yang terletak di sebelah selatan Hawaii atau tepatnya di distrik Kau. Pasir ini terbentuk disebabkan oleh kristal olivine yang berasal dari batuan lava di Pu’u Mahana di Mahana Bay.


3. Pasir oranye

foto: insider.corinthia.com

Pantai dengan pasir berwarna oranye dapat kamu temukan di kepulauan Gozo, Malta. Pantai ini juga disebut dengan Ramla Bay karena letaknya memang di sebuah teluk. Warna oranye yang menyelimuti daerah tersebut disebabkan oleh batu gamping, pecahan kerang dan deposit vulkanis di sekitarnya.


4. Pasir merah muda

foto: kartika-airlines.com

Pasir dengan warna pink atau merah muda memang sudah banyak tersebar di dunia. Seperti di Horshoe Bay Kepulauan Bermuda ataupun di Bahama. Namun tidak perlu jauh-jauh ternyata Indonesia juga memiliki dua pantai dengan pasir berwarna pink yaitu di Pantai Tangsi Lombok dan di Pink Beach Pulau Komodo.  Warna merah muda di Pink Beach ini disebabkan oleh percampuran pasir pantai putih dan koral merah yang sangat kecil dan berjumlah triliunan.


5. Pasir ungu

foto: wildrecovery.org

Untuk menemukan pantai dengan pasirnya yang berwarna violet atau ungu, maka kamu dapat datang ke Big Sur, California. Warna dari pasir pantai yang bernama Pfeiffer Beach ini merupakan percampuran dari deposit kwarsa dan mangaan yang berasal dari luruhan dinding bukit di sekitar tempat tersebut.


6. Pasir cokelat

foto: 10formation.blogspot.com

Rockaway Beach adalah pantai dengan pasir berwarna cokelat. Pantai satu ini terletak beberapa mil dari San Fransisco atau tepatnya di selatan California. Dikarenakan warnanya itu, maka ada yang menyebutnya dengan sebutan Pantai Cokelat.


7. Pasir kuning

foto: aloha-hawaii.com

Kembali ke Hawaii kamu akan menemukan pantai dengan pasir berwarna kuning yaitu Papohaku Beach Park di kepulauan Molokai. Walaupun menarik dan eksotis, pantai satu ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Ketika matahari terbenam, warna cahaya matahari dan warna pasir pantainya akan terpendam dan memperlihatkan perpaduan yang sangat menakjubkan.


GIMANA, KEREN NGGAK? PASTI KAMU JADI PENGEN KE SANA KAN? YA KAN?

MASIH ADA NIH, YANG LAINNYA.. CATET JUGA KE DESTINASI IMPIANMU YA

KLIK NEXT

2 dari 2 halaman



8. Pasir biru metalik

foto: tripelonia.com

Sebenarnya jika kamu ke tempat yang dinamakan Pulau Vaadhoo di Maldives ini tidak akan menjumpai pasir pantai berwarna biru. Tetapi jika dilihat dari kejauhan atau dari ketinggian tertentu pada malam hari, pantai di pulau ini akan terlihat sangat biru berkilau. Hal tersebut dikarenakan pancaran dari jutaan phytoplankton yang ada di sekitar pulau.  Phytoplankton ini memunculkan cahaya bioluminescence yang sangat spektakuler ketika tidak ada cahaya lain di sekitarnya.


9. Pasir hitam

foto: hawaiitopten.com

Pasir pantai berwarna hitam mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Tapi di pantai Punalu'u Hawaii berbeda karena pasirnya benar-benar berwarna hitam legam. Warna pasir ini disebabkan oleh kandungan yang berasal dari gunung vulkanik di sekitar tempat tersebut.


10. Pasir abu-abu

foto: travelchannel.com

Tidak hanya pantai dengan pasir berwarna ungu saja, pantai dengan pasirnya yang berwarna abu-abu juga ada di California. Tepatnya terletak Shelter Cove, Humboldt County, pantai dengan pasir berwarna abu-abu dapat Anda temui dengan mudah. Pasir pantai berwarna abu-abu ini berasal dari erosi dinding karang yang terjadi selama bertahun-tahun.


11. Pasir putih

foto: shoalhavenholidays.com.au

Mungkin sudah banyak pantai dengan pasirnya yang berwarna putih, bahkan tidak sedikit pantai di Indonesia yang memiliki karakteristik sama. Akan tetapi pantai di Australia bernama Hyams Beach, New South Wales, Australia ini merupakan  pantai dengan pasirnya yang amat sangat putih. Bahkan pantai ini tercatat di Guinness Book of World Records sebagai pantai dengan pasir pantai paling putih di seluruh dunia. Warna putih tersebut berasal dari partikel-partikel kwarsa yang berjumlah triliunan dan berukuran kecil menumpuk menjadi satu di tempat tersebut.


12. Pasir pelangi

foto: hddekstopwallpapers.in

Jika bosan dengan satu warna saja, tidak ada salahnya bagi kamu untuk datang ke Queensland, Australia, untuk melihat pantai dengan pasirnya yang berwarna layaknya pelangi. Ada sekitar 72 warna yang berbeda dapat kamu temukan dan lihat di pantai ini. Bahkan beberapa karang dan tebing di sekitar pantai yang dinamakan Rainbow Beach ini juga memiliki warna yang berbeda.


13. Pasir transparan

foto: dailyamazing.com

Sebenarnya bukan kata yang tepat untuk menggambarkan pasir pantai yang terletak di Kauai, Hawaii ini dengan kata transparan. Akan tetapi, pasir pantainya yang terlihat seperti pecahan gelas berukuran kecil, tersebar di seluruh bibir pantai yang dinamakan Glass Beach ini. Pasir pantai bening ini merupakan campuran dari karang dan material transparan yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu dan berasal dari dalam laut yang kemudian terseret ke permukaan.