Brilio.net - Trenggalek, kota kecil yang berbatasan dengan Pacitan ini mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Padahal, kota yang berjarak 120 kilometer dari Surabaya ini punya sejumlah pilihan wisata yang nggak kalah indah. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, Trenggalek menawarkan hamparan pantai-pantai eksotis yang mempesona.

Jadi, kalau yang ada dipikiran kamu tentang pantai adalah Bali, Lombok, atau Jogja, mending ditambah lagi deh. Kota Trenggalek juga punya deretan pantai yang nggak kala menarik dengan kota lainnya. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/1), 10 pantai memesona di Trenggalek yang bikin kamu pengen cepet-cepet piknik.

1. Pantai Pelang, pantai ujung barat dengan air terjun yang memesona

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: acc.co.id

Berjarak sekitar 57 kilometer dari pusat Kota Trenggalek, pantai Pelang menyimpan pesona alam yang memikat. Pantai Pelang memiliki hamparan pasir yang membentang luas, dengan air laut yang jernih, dan berada di wilayah perbukitan hijau nan menyegarkan. Tidak hanya itu, sekitar 100 meter di sebelah timur pantai Pelang terdapat sebuah goa yang bisa kamu kunjungi.

Loading...

Kemudian sekitar 300 meter di sebelah barat terdapat sebuah air terjun yang mempesona. Air terjun ini memiliki ketinggian kira-kira 25 meter. Namun, pantai Pelang memiliki karakteristik ombak khas pantai selatan yang cukup besar. Jadi kamu tetap harus hati-hati ketika mengunjungi pantai ini

2. Pantai Prigi, surganya para penggila seafood

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: en.wikipedia.org

Bagi kamu para pecinta makanan laut, Pantai Prigi merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi. Pasalnya, di pantai ini terdapat pelabuhan nasional sekaligus tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Tidak hanya itu, di Pantai Prigi juga terdapat tempat pelelangan ikan, sehingga hasrat untuk mendapat ikan segar langsung dari nelayan bisa kamu wujudkan di sini. Tak heran pantai yang terletak di Desa Tasikmadu, Watulimo ini menjadi salah satu pantai favorit di Kota Trenggalek.

3. Pantai Karanggongso, pantai pasir putih kebanggaan Trenggalek

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: nomadictrip.com

Terletak sekitar 3 kilometer di sebelah timur Pantai Prigi ada Pantai Karanggongso yang tak kalah keren. Pantai ini menawarkan hamparan pantai yang memesona. Pantai yang terkenal dengan sebutan pantai pasir putih ini memiliki air laut yang jernih disertai dengan pasir putih, serta rimbunnya pohon kelapa yang melambai tumbuh di bibir pantai. Ditambah lagi dengan fasilitas permainan air seperti banana boat atau jet ski, membuat pantai ini menjadi tempat wisata yang lengkap. Gelombang ombak yang cukup tenang membuat kamu bisa bermain air dengan puas di pantai ini.

4. Pantai Blado, pantai alternatif para peselancar

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: 1001wisata.com

Jika kegiatan surfing atau berselancar selalu dikaitkan dengan pantai di Bali atau Lombok, mungkin sudah saat diubah. Tidak hanya Bali atau Lombok, Trenggalek juga punya pantai yang bisa dijadikan tempat untuk berselancar. Dengan ombak yang besar, panorama laut bebas yang indah, serta memiliki tempat luas untuk berjemur membuat pantai ini sangat cocok untuk kegiatan berselancar. Selain itu, di Pantai Blado juga terdapat kegiatan sedekah laut atau longkangan yang rutin diadakan setiap jumat kliwon bulan selo pada penanggalan Jawa.

5. Pantai Damas, pantai dengan suasana tenang yang nyaman

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: wisatatrenggalek.com

Pantai Damas terletak sekitar 5 kilometer ke arah barat daya dari pantai Prigi. memiliki panorama laut yang indah, alami dan suasana yang tenang membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini. Beberapa fasilitas pendukung juga sudah ada di pantai ini, sehingga membuat aktivitas piknikmu semakin nyaman dan aman.

6. Pantai Ngadipuro, kampung para nelayan yang memesona

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: info-trenggalek.blogspot.com

Pantai Ngadipuro merupakan pantai kampung nelayan dengan berpanorama indah dengan berpasir putih, landai dan berombak sedang. Pantai Ngadipuro berada di desa Craken kecamatan Munjungan arah selatan 59 km dari Kota Trenggalek. Di pantai ini kamu dapat menikmati panorama laut bebas yang indah, bermain pasir, air dan berenang serta berinteraksi dengan nelayan, berlayar dan memancing. Selain itu, di Pantai Ngadipuro juga kerap diadakan upacara Longkangan.

7. Pantai Taman Kili Kili, pantai cantik tempat konservasi penyu

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: wisatatrenggalek.com

Pantai ini berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul. Lokasinya sebenarnya persis disebelah timur Pantai Pelang, tapi dibatasi oleh perbukitan karang yang terjal. Di pantai ini terdapat sesuatu yang spesial daripada pantai lainnya. Yaitu terdapat tempat konservasi pembudidayaan penyu. Nah, di sini kamu bisa melihat banyak penyu serta ikut melakukan ritual pelepasan Tukik atau anak penyu.

8. Pantai Ngampiran, pantai indah dengan deretan karang yang memesona

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: pergiberwisata.com

Pantai Ngampiran terletak di Desa Tawing, Munjungan, sekitar 53 kilometer dari kota Trenggalek. Hampir sama dengan pantai lainnya, Pantai Ngampiran masih alami dengan hamparan pasir putih dengan ombak sedang. Terdapat pula jejeran karang-karang yang tersebar sehingga sangat cocok untuk spot fotografi. Di sini kamu bisa melakukan kegiatan seperti menyelam, berlayar atau sekedar santai di pinggir pantai.

9. Pantai Konang, alternatif lain untuk berselancar

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren! foto: indoamaterasu.com

Selain Pantai Blado, Pantai Konang juga merupakan salah satu pantai yang bisa digunakan untuk aktivitas berselancar. Pantai ini hanya berjarak 2 kilometer sebelah timur Pantai Pelang. Tepatnya ada di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul. Ombaknya yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Deretan pohon kelapa di pinggir pantai juga menambah keindahan pantai ini.

10. Pantai Ngulungwetan, pantai alami dengan air laut yang jernih

Eitss, jangan remehkan Trenggalek, kota ini punya 10 pantai keren!

foto: yeni29wulan.wordpress.com

Terakhir ada pantai Ngulungwetan. Pantai ini menghadirkan pantai dengan pasir putih yang indah dan tepian pantai yang ditumbuhi pohon kelapa. Kondisinya juga masih sangatlah alami. Lokasi pantai Ngulungwetan tepatnya berada di Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Trenggalek. Di sini kamu bisa menikmati suasana pantai yang alami sambil berenang di air yang jernih atau hanya sekedar bermain pasir putih di tepian pantai.