Brilio.net - Merebaknya virus corona hampir di belahan dunia berdampak pada berbagai sektor. Salah satunya adalah pariwisata. Hampir seluruh negara menutup akses wisatawan untuk berkunjung ke negaranya. Selain itu, wisatawan juga masih merasa takut untuk bepergian terutama ke luar negeri.

Setelah 8 bulan berlalu, meskipun virus corona masih belum mereda, namun beberapa negara sudah menyiapkan strategi untuk menyambut wisatawan yang akan berlibur. Tren berlibur pun mulai bergeser, masyarakat kini tertarik untuk menikmati liburan yang dapat meningkatkan wellness atau kebugaran.

Salah satu staff di Korea Tourism Organization, Seini I.Z mengatakan, Korea Selatan salah satu negara yang kini tengah mengembangkan wisata wellnes atau kebugaran. Wisata wellness sendiri, dibangun sebagai upaya aktif menjalankan kebiasaan sehat dan positif untuk mencapai keadaan fisik dan mental yang lebih baik.

Ada berbagai pilihan kegiatan wellness yang dapat dinikmati para wisatawan sesuai dengan minatnya. Secara garis besar, wellness Korea terbagi menjadi 4 kategori yaitu, spa dan kecantikan, pemulihan dan meditasi, wisata alam, serta pengobatan tradisional.

"Kegiatannya cukup beragam mulai dari spa, jelajah alam, sauna, minum teh, meditasi, olahraga, dan masih banyak lagi," Ujar Seini kepada brilio.net melalui pesan singkat, Selasa (10/11).

Loading...

Seini menambahkan wellness Korea ini sudah tersebar di seluruh provinsi di Korea, bisa dipilih sesuai dengan lokasi tujuan wisata jika ingin mencoba.

"Ada 40 destinasi yang tersebar di seluruh provinsi di Korea yang bisa wisatawan pilih. Tentunya wisatawan akan mendapatkan sesuai dengan yang mereka cari ditambah dengan berbagai experience program yang ditawarkan masing-masing destinasi," tambahnya.

Dari 40 destinasi wisata yang ada, ada 10 yang menjadi rekomendasi seperti Island Herb Healing Center, Donguibogam Village, Farm Kamille, WE Hotel, Therapy&Spa Sobe,Sulwhasoo Flagship Store, Tea Theraphy, Spaland Centum City, Skylake, dan Seogwipo Healing Forest.

Seperti apa yah wisata wellness di Korea? Berikut ulasannya, Rabu (11/11).

1. Herb Island Herb Healing Center

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Di Pusat Penyembuhan Herbal di Pulau Herba, pengunjung dapat mencoba berbagai efek herba secara langsung. Herba sendiri merupakan rempah khas Korea yang digunakan sebagai bahan memasak, obat-obatan, dan bahan kosmetik.

Dengan berkunjung ke tempat ini, wisatawan akan diajak melakukan berbagai aktivitas membuat lilin dan sabun. Pengunjung juga bisa mencoba terapi ramuan dengan merendam kaki di air rempah yang dapat memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh rileks.

Sambil merendam kaki, wisatawan akan disuguhkan teh herbal yang merupakan campuran dari 14 herba yang membuat tubuh lebih rileks dan memperlancar sirkulasi darah dengan melepaskan racun.

2. Donguibogam Village

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Resort yang berada di kawasan Gunun Wansan ini memiliki berbagai aktivitas menarik. Salah satu yang paling digemari oleh wisatwan adalah melakukan pengobatan tradisonal Korea yang dipercaya dapat memperlambat proses penuaan.

Selain itu, wisatawan yang datang biasanya untuk berlatih atau bermeditasi di dekat batu, melakukan senam, dan berpartisipasi dalam pengalaman program anti penuaan. Jika kamu berkesempatan untuk mencoba kegiatan ini, kamu dapat merasakan energi dari batu-batu ini. Donguijeon dibangun setelah Istana Gyeongbukgung. Di sana, pengunjung dapat mengagumi Gunung Jirisan sambil berbaring dan pemulihan di atas tempat tidur panas yang terbuat dari ratusan tanah liat kuning. Pengunjung juga dapat merasakan teh herbal tradisional Korea dan membuat wewangian dengan campuran akar angelica, jahe, cengkeh kering, mint, dan bahan lainnya.

3. Farm Kamille

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Dibuka pada Mei 2004 sebagai kebun herba di distrik perbukitan Taean, Chungcheongnam-do, Farm Kamille dikenal sebagai wellness themed park yang setiap tahunnya dikunjungi sekitar 100.000 orang. Jika kamu mengikuti jalan setapak di kebun herba di tanah seluas 39.000 m2 ini, kamu akan melewati toko herba, cafe, restoran, kebun binatang, dan taman bermain hewan peliharaan. Kamu tidak akan merasa bosan di Farm Kamille karena akan menikmati ragam aktivitas di setiap sudutnya.

Di dalam Farm Kamille terdapat 10 kebun yang ada dalam bangunan besar berbentuk oval, mulai dari Rose Garden yang terdapat 60 jenis bunga mawar, Cake Garden yang terdapat bunga warna warni yang membentuk seperti potongan kue, Lavender Garden yang bukit terindah yang dengan hamparan tanaman lavender, dan masih banyak lagi. Wisatawan akan diajak jelajah kawasan ini selama satu jam, tapi tenang kamu tak akan merasa bosan karena disuguhkan dengan pemandangan tanaman yang indah yang bisa kamu jadikan untuk spot foto.

4. WE Hotel

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Penginapan ini merupakan salah satu resort yang menjalankan program kesehatan dari air murni dan kekuatan pegunungan di Jeju. Wisatawan yang datang ke sini biasanya untuk melakukan meditasi. Selain itu, ditempat ini kamu juga bisa melakukan pijat akupresur yang dilakukan saat mengambang di atas air. Wisatawan akan berendam di air yang memiliki suhu 34 sampai 37 . Suhu yang kurang lebih sama dengan cairan ketuban di dalam rahim ini, memberikan stabilitas psikologis yang membantu mengatasi insomnia atau depresi.

5. Therapy & Spa Sobe

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Sebelum melakukan spa, wisatawan akan melakukan konsultasi mengenai keluhan yang dialami sambil minum teh herbal yang memiliki varian rasa mulai dari red berry, lemon, pappermint dan masih banyak lagi. Setelah mengetahui masalah yang dialami wisatawan, terapis dengan cekatan akan merekomendasikan spa yang sesuai kebutuhan. Ada 55 program dalam 11 kategori, di antaranya perbaikan kulit, terapi La Stone, hidro-vichy, holism well-aging dan sliming.

Selain itu, ada juga text next care yang dapat meringankan rasa sakit dari turtle neck syndrome, seluruh tubuh yang membantu relaksasi tubuh dan mengurangi stres serta hydro-vichy.

6. Sulwhasoo Flagship Store

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Sulwhasoo Flagship Store memiliki dua spa dengan konsep berbeda. Di lantai dasar, pengunjung dapat menemukan Sulwhasoo Spa, yang merupakan ruang pribadi dan terpencil yang menawarkan program spa obat tradisional Korea anti penuaan yang mewah. Sulwhasoo Balance Spa di lantai empat menghadap Taman Dosan yang indah dan memberikan pengalaman spa yang lebih kasual.

Perawatan khusus yang dibuat dengan bahan-bahan tradisional Korea seperti batu giok, labu, porselen putih dan bola Jaum Balancing Complex memperkaya efek spa dan menunjukkan individualitas fasilitas ini. Hal ini juga menginterpretasikan kembali obat-obatan tradisional Korea untuk membangkitkan lagi keseimbangan tubuh dan pikiran, serta mengisi ulang diri setelah kehidupan sehari-hari yang sibuk.

7. Spaland Centum City

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Di tempat ini, kamu akan diajak berendam ke Aqua Zone, sebuah kolam dengan kedalaman 1,3 meter yang dirancang oleh San Marco Plaza di Itali. Di Aqua Zone, juga diadakan kelas aqua zumba setiap akhir pekan. Kelas ini mengombinasikan gerakan zumba dengan intensitas yang rendah dan aqua fitness selama 40 menit. Para peserta menari diiringi musik untuk melatih tubuh. Mengapung di permukaan air dan menikmati yoga dan fitness bisa dilakukan jika berpartisipasi di aqua float yoga atau aqua float fit program.

Program menarik lainnya termasuk beer yoga, menampilkan musik yang cepat saat minum bir atau minuman lainnya, dan EDM yoga, dilakukan dengan musik EDM yang dinamis dengan mengombinasikan cardio dance, yoga, dan gerakan fitness. Program-program ini dilakukan di kolam luar ruangan selama musim yang hangat antara musim semi dan musim gugur.

Jika kamu menginginkan cara yang lebih rileks untuk melemaskan otot, sebaiknya Anda mencoba cave spa dan virtual spa. Cave spa adalah program suara mengapung yang biasa dinikmati di ruang labirin. Sementara virtual spa merupakan merendam tubuh dalam air hangat dan nikmati megah dan misteriusnya alam dari layar LED yang lebar yang dipasang di tiga dinding. Jangan tinggalkan kesempatan untuk relaksasi mata dan tubuh seperti dalam mimpi.

8. Skylake

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

Skylake terletak di Dongseong-ro, yang dikenal sebagai pusat budaya dan industri di Daegu. Ini adalah kafe kosmetik tempat wisatawan dapat membuat produk kosmetik berdasarkan pengobatan tradisional Korea dan dekat dengan alam. Nantinya para petugas akan dengan sabar membantu kamu meracik bahan-bahan untuk membuat produk kosmetik.

9. Seogwipo Healing Forest

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Kamu dapat meningkatkan energi dengan mengunjungi hutan Seougwipo. Di tempat ini terdapat tanaman asli dari Pulau Jeju yang terawat baik, kamu bisa berpartisipasi dalam program penyembuhan yang dirancang untuk menenangkan tubuh dan pikiran yang lelah akibat kesibukan.

10. Tea Therapy

Destinasi wisata wellness di Korea © 2020 brilio.net

foto: Korean Tourism Organization

Minum teh bagi orang Korea merupakan tradisi. Dengan mengikuti Tea Therapy kamu akan menikmati teh tradisional yang dapat mengatasi masalah yang sedang kamu alami salah satunya masalah pencernaan. Setiap teh memiliki manfaatnya sendiri. Misalnya kalau kamu merasakan sakit di belakang mata atau di bahu karena stres, cobalah teh Hyangtong lokal. Jika kamu tegang sepanjang waktu dan tidak bisa tidur nyenyak, cobalah teh Anshim dengan jujube.

Selain mencicipi teh, kamu juga bisa menikmati program lain seperti spa kaki. Dengan spa kaki kamu dapat merasa lebh relaks dengan pemandangan yang disediakan sambil menyeruput teh herbal yang menenangkan.