Brilio.net - Pasti dari kamu sudah banyak yang kangen ingin traveling ke tempat-tempat seru dan eksotis. Nah saat ini beberapa destinasi wisata di Indonesia sudah mulai dibuka kembali loh. Tapi tetap ya kamu harus mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin menjalankan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan hindari kerumunan).

Dari sejumlah destinasi wisata yang sudah beroperasi kembali setelah beberapa bulan tutup akibat pandemi Covid-19, sejumlah tempat di Yogyakarta kini sudah kembali dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Wisata Jogja © 2020 brilio.netKompleks Candi Prambanan (@yans_brilio)

Sejauh ini destinasi wisata di Jogja hanya boleh dikunjungi wisatawan lokal perseorangan dan pasangan. Sementara untuk rombongan belum diperbolehkan. Selain itu wisatawan asing juga belum diizinkan memasuki tempat wisata di Jogja untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Jogja memang terkenal sebagai kawasan wisata yang selalu indah untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan Jogja memiliki banyak keunikan, baik dari segi budaya, kuliner, dan pemandangan alamnya. Berkunjung ke Jogja juga selalu menyenangkan karena warga Jogja terkenal sangat ramah dan hangat.

Loading...

Selain itu Jogja sangat kental dengan akulturasi sehingga kamu bisa belajar banyak tentang beberapa kebudayaan sekaligus. Di tempat ini kamu dengan mudah menjumpai berbagai etnis yang berkumpul di sudut kota. Selain mengenal budaya, kamu juga bisa belajar sejarah melalui tempat edukatif seperti museum.

Keindahan alam berupa pantai, bukit, dan gunung juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Panorama alam ini tentu akan sangat efektif untuk melepaskan kejenuhan kamu dari rutinitas setiap hari, khususnya di era new normal ini.

Untuk mengunjungi objek wisata di Jogja, kamu harus mengikuti protokol kesehatan. Pastikan kondisi tubuh kamu sehat dan prima. Kemudian selalu gunakan masker di dalam dan di luar area wisata. Pastikan selalu menjaga jarak aman, cuci tangan berkala atau gunakan hand sanitizer.

Lakukan reservasi ketika hendak menggunakan fasilitas di tempat wisata, seperti kuliner, wahana, dan juga atraksi. Jangan lupa membawa dan menggunakan perlengkapan ibadah termasuk perlengkapan kebersihan secara mandiri ya.

Siapkan informasi data diri dan selalu mentaati segala peraturan yang diberlakukan pihak pengelola. Jangan lupa juga menyiapkan uang pas. Kamu tdak diperbolehkan membawa makanan serta minuman tanpa seizin pihak pengelola.

Jika kamu sudah merindukan Jogja, jangan khawatir. Saat ini sudah ada 40 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, pasangan, rekan kerja, atau teman. Sebagai panduan, berikut terangkum 40 rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi di era new normal ini :

1. Pantai Timang

2. Pantai Parangtritis

3. Pantai Ngedan

4. Pantai Glagah

5. Pasar Kebon Empring

6. Puncak Becici

7. Pinus Sari

8. Pinus Pengger

9. Seribu Batu Songgo Langit

10. Taman Sungai Mudal

Wisata Jogja © 2018 brilio.netTaman Pintar (istimewa)

11. Taman Pintar Yogyakarta

12. Tebing Breksi

13. Wisata Kalibiru

14. Air terjun Kedung Pedut

15. Agrowisata Bhumi Merapi

16. Bukit Wisata Pule Payung

17. Bukit Paralayang Watugupit

18. Bukit Panguk Kediwung

19. Bukit Lintang Sewu

Wisata Jogja © 2020 brilio.netGunung Bagong di Desa Wisata Nglanggeran (@yans_brilio) 

20. Eduwisata Setren Opak

21. Desa Wisata Nglanggeran

22. Gerbang Banyu Langit

23. Gardu Pandang Kaliurang

24. Goa Ngingrong

25. Goa Rancang Kencono

26. Goa Kalisuci

27. Gunung Kuniran

28. Grojogan Watu Purbo

29. Jogja Exotarium

Wisata Jogja © 2018 brilio.netKawasan Malioboro (istimewa)

30. Hutan Mangrove Kadilangu

31. Kaliurang

32. Museum Negeri Sonobudoyo

33. Museum Gunung Merapi

34. Museum Dharma Wiratama

35. Museum Batik Yogyakarta

36. Kawasan Pantai Wediombo

37. Kawasan Pantai Baron

38. Kawasan Pantai Siung

39. Kawasan Pantai Gesing

40. Kawasan Pantai Nguyahan

Oh iya, daftar tempat wisata di Jogja di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola dan pemerintah setempat.

Jogja memang selalu menyenangkan untuk dikunjungi bersama orang-orang tersayang. Banyak keistimewaan yang tersaji di Kota Gudeg kecintaan Indonesia ini. Di era new normal ini tak ada salahnya kamu mulai berlibur untuk melepas segala kepenatan. Segera booking sekarang dan lepaskan kerinduan kamu pada Jogja. Pastikan untuk tetap menjaga kesehatan dan selamat bersenang-senang.