Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana tengah berada di Busan, Korea Selatan. Lawatannya ke Negeri Ginseng ini untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 30th ASEAN-RoK Commemorative Summit.

Jokowi pun menikmati akhir pekan di Busan dengan mengunjungi Gamcheon Village, Minggu (24/11). Di sana, Jokowi dan Iriana berkesempatan minum kopi sambil menikmati pemandangan kampung wisata warna-warni.

Ada pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi yang mendampingi Jokowi. Seperti diketahui, Gamcheon Village adalah kampung warna warni di Busan yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata paling dicari para wisatawan.

Gamcheon Village dulunya bekas tempat penampungan pengungsi. Bukan hanya kampung warna warni, Gamcheon Village juga dipenuhi dengan mural, lukisan, dan karya seni. Selain itu, ada juga galeri seni dan berbagai rumah makan.

Tapi sadarkah kamu? Ternyata tak hanya di Korea Selatan saja. Ada cukup banyak Kampung Pelangi di Indonesia yang menghadirkan warna-warni lukisan sehingga selalu cocok didatangi oleh kamu, utamanya yang gemar berswafoto. Penasaran di mana saja lokasinya?

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (25/11), berikut 8 tempat wisata Indonesia yang mirip banget sama Gamcheon Village di Korea.

1. Kampung Pelangi, Semarang.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@reynataangie

Selain di Korea, Indonesia punya kampung warna-warni di Semarang yang juga mencuri perhatian dunia. Kampung Pelangi Semarang awalnya juga merupakan sebuah kampung yang dulunya kumuh. Namun akhirnya kampung ini diubah menjadi kampung cantik dengan ragam lukisan berwarna-warni.

Lokasi Kampung Pelangi Semarang yang sangat strategis tak jauh dari pinggiran jalan raya, membuat akses ke tempat ini sangat mudah. Tak heran jika lokasi ini selalu ramai didatangi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Semarang setiap harinya.

Kampung Pelangi Semarang berdiri di pinggiran sungai dan berada di wilayah Gunung Brintik. Sehingga jika berkunjung kemari, pengunjung harus berjalan naik turun untuk bisa berkeliling ke semua perkampungan. Kampung Pelangi Semarang juga dilengkapi dengan gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Keren!

2. Kampung Warna-warni Code, Yogyakarta.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@uziiwardani

'Show your colour', itulah tema yang diusung untuk memberikan keceriaan dan kemandirian kepada para penghuni. Ide membuat bangunan warna-warni ini agar rumah di kampung itu terlihat unik dan menarik. Kampung ini ada di Kelurahan Singonegaran, Yogyakarta.

3. Kampung Bulak, Kenjeran, Surabaya.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@sarahwanti

Tak hanya di Yogyakarta, kampung warna warni juga bisa dijumpai di Surabaya. Jika kamu melewati Jembatan Suroboyo, kamu akan disuguhkan pemandangan warna-warni dari beberapa rumah di Perkampungan Bulak, Kenjeran.

4. Kampung Penas, Cipinang Selatan, Jakarta Timur.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@penastanggulktr

Kampung yang satu berada di Jakarta, tepatnya di Cipinang. Tak hanya berhiaskan warna-warna indah saja, namun kampung ini juga menggalakkan warganya untuk tidak merokok di dalam ruangan.

5. Kampung Wisata Jodipan, Malang.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@yoanmshn_

Kampung ini dulunya merupakan perkampungan kumuh yang berganti wajah sejak mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang mengubahnya menjadi lebih hidup dan penuh warna.

Para mahasiswa bekerjasama dengan seniman lokal dan menyulapnya seperti sekarang. Banyak spot foto menarik yang bisa pengunjung temukan, misalnya lukisan 3D, jembatan Embong Brantas, lorong payung dan sebagainya.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp 2 ribu saja untuk tiket masuk ke kampung yang berada di Desa Jodipan ini.

6. Kampung Wisata Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@momonreborn

Sejak hadir 2017 lalu, kampung ini kerap ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto ria. Bahkan dua kampung di Linggau Ulu dan Ulak Surung yang dahulunya kumuh kini diubah menjadi berwarna warni dan menarik perhatian. Tidak hanya itu, warga kampung turut membuka usaha kuliner dan oleh-oleh untuk menambah pendapatan.

7. Kampung Wisata Teluk Seribu, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@hotchocolatenjoy

Di tepi Sungai Manggar terdapat kampung pelangi lainnya. Kampung itu penuh dengan warna-warna cantik yang membuat siapapun ingin berfoto, misalnya di spot foto dengan lukisan monyet yang sedang selfie.

Selain menawarkan kampung dengan warna, Kampung Warna-Warni Teluk Seribu juga menawarkan jalan-jalan dengan kapal nelayan untuk menelusuri hutan bakau.

8. Kampung Pelangi, Banjarbaru.

Tempat di Indonesia ini mirip Gamcheon Instagram

foto: Instagram/@wisata.kalsel

Rumah-rumah warga yang berada di pinggir Sungai Kemuning kini berwarna-warni. Setiap bangunan dihiasi mural, lukisan kartun hingga gambar 3D yang menghiasi. Bahkan jalanannya pun juga diberi warna indah. Tampak sangat berbeda dengan kondisi kampung di pinggir Sungai Kemuning, yang dulu terlihat kumuh.

Perubahan kampung di sekitar Sungai Kemuning berawal saat warga mendapat bantuan berupa cat dari pemerintah daerah. Mereka kemudian mengubah lingkungan yang kumuh menjadi lebih bersih dan berwarna.

Hingga akhirnya pada 2017, Kampung Pelangi diresmikan oleh Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani. Sejak saat itu, Kampung Pelangi banyak didatangi turis-turis apa lagi jaraknya tak begitu jauh dari pusat Kota Banjarbaru.