Brilio.net - Dunia maya belakangan ini tengah dihebohkan dengan objek wisata berkonsep unik. Siapa yang menyangka? Ternyata ada replika suasana perkampungan khas Indonesia yang ada di Taronga Zoo di Sydney, Australia. Video tersebut awalnya diunggah di akun TikTok @rapuncila. Kini videonya telah viral dan ditonton lebih dari 1,1 juta orang.

@rapuncila

Australia rasa Indonesia ##indo ##fyp ##cintaindo ##mieayam ##tahukupat

Milk Tea - Official Sound Studio

Video yang sama kemudian diunggah ulang oleh seseorang di akun media sosial Twitter dengan nama @eldidito. Dalam video tersebut terlihat sejumlah turis yang sedang berjalan-jalan di tengah suasana perkampungan. Hal yang bikin banyak warganet salah fokus adalah, terdapat berbagai dekorasi yang biasanya hanya bisa kita temui di Indonesia seperti warung pulsa, warung tradisional, hingga gerobak kupat tahu dan mi ayam.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Tebak ini di Indonesia atau bukan?" tulis akun tersebut dalam video.

Di bagian lain juga ada sebuah bengkel motor, lengkap dengan warung bensin eceran. Tak ketinggalan terlihat juga gapura jalanan yang bertuliskan "Taman Nasional Way Kambas". Yap, ternyata bagian tempat ini adalah sebuah replika suasana perkampungan Way Kambas. Taman nasional yang terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia ini memang dikenal sebagai tempat perlindungan gajah.

"Orang Indonesia bikin tiruan landmark buat spot foto biar wisatawan ga jauh-jauh ke sana. Australia: we gawt yah, mite!" cuitnya.

Di Twitter, video tersebut mengundang berbagai komentar lucu dari warganet.

"Setengahnya pun belum, saya ndak liat orang nyiram jalan pake aer got. Yang diserok pake bekas kaleng cat dibelah, dan dipakuin ke kayu," kata akun @RainhardTobing.

"Bule-bule gak usah jauh-jauh ke Indonesia, sudah ada wisata instagramable mirip Indonesia di Australia," cuit akun @ShofwanMuis.

"Kurang orang dagang kopi rokok pake sepeda, kerak telor atau tahu gejrot, sama bapak-bapak ngumpul main gaple di pojokan, tukang parkir juga," tambah akun @justalk12ver4.

Selain itu, @eldidito juga menambahkan jika replika Taman Nasional Way Kambas ini dibuat di Taronga Zoo khusus untuk menciptakan pengalaman menarik saat para pengunjung melihat Harimau Sumatra.

Melansir Nikkei Asia, Selasa (13/10) selama bertahun-tahun, Taronga Zoo memang telah banyak membantu perkembangan Taman Nasional Way Kambas. Mereka mengirimkan dokter hewan untuk melakukan prosedur medis pada badak, serta memberikan pelatihan kepada penduduk setempat untuk menjadi pemandu wisata yang andal.

"Ini adalah bentuk dukungan kami kepada Indonesia. Dan kami sangat menghargai berbagai pihak yang telah berusaha keras melestarikan lingkungan," ujar Kepala Eksekutif Taronga Zoo, Cameron Kerr.

Sekadar informasi, Tarona Zoo Sydney merupakan kebun binatang terbesar di Australia yang yang pertama kali dibuka pada tanggal 7 Oktober 1916. Kebun binatang ini memiliki lahan seluas 28 hektare dan menjadi tuan rumah bagi lebih dari 4.000 hewan dari 350 spesies.

Lokasinya hanya berjarak 12 menit dari Kota Sydney menggunakan kapal feri. Tiket masuk Tarona Zoo Sydney dibanderol seharga kurang lebih Rp 400 ribu per orang.