Brilio.net - Udah bukan jadi rahasia lagi kalau masalah keuangan bisa menyebabkan stres. Apalagi tanggal tua seperti sekarang ini, ya nggak? Ups!

Nah, ternyata para ilmuwan juga pernah menyebutkan bahwa stres keuangan bisa menyebabkan sakit fisik. Dengan kata lain, masalah keuangan, secara harfiah, telah menyakitimu.

Asal-usul ide ini muncul ketika para peneliti melihat bahwa pada saat isu keamanan ekonomi semakin meluas, orang-orang jadi lebih sering mengeluh sakit fisik. Pada saat itu juga mereka berhipotesis bahwa mungkin ada hubungan antara masalah keuangan dan sakit fisik.

Seperti dilansir brilio.net dari metro.co.uk, Jumat (26/2), untuk membuktikan hipotesis tersebut, sebuah tim dari University of Virginia melakukan enam kali percobaan yang berbeda. Melalui percobaan ini para ilmuwan membandingkan keamanan ekonomi dengan uang yang dibelanjakan untuk obat penghilang rasa sakit.

BACA JUGA: 20 Meme gajian ini bikin kamu gemas dan geli sendiri, sabar ya bro!

Para peneliti kemudian menemukan bahwa pengangguran menghabiskan 20% lebih banyak uang dari mereka yang keuangannya aman. Studi lain menemukan 187 individu dengan ekonomi aman berpikir untuk kembali ke masa sulit dan menemukan salah satu dari stabilitas keuangan.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa setiap individu melaporkan hampir dua kali lipat tingkat rasa sakit selama periode keuangan yang kurang stabil. "Secara keseluruhan, temuan kami menunjukkan bahwa secara fisik sakit karena masalah ekonomi itu tidak aman," ujar Eileen Chou, pemimpin penelitian.

Tuh guys, jadi jangan stres banget lah kalau lagi punya masalah keuangan, mau bokek atau karena banyak utang. Kesehatanmu lho! ~