Brilio.net - Bagi kita yang masih awam dengan investasi. Tentu saja ada ketakutan terkait investasi yang aman dan tepat itu seperti apa.

Berikut ini, ada tiga ciri investasi yang aman menurut Abdul Qoyum, dosen keuangan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, saat ditemui brilio.net, Rabu (9/9).

1. Pengembaliannya rasional

Tidak ada investasi yang tanpa risiko. Namun risiko besar/kecil juga akan berbanding dengan return yang diterima. Jangan terkecoh dengan investasi yang menawarkan pengembalian berkali lipat hanya dalam waktu yang singkat. Sebaiknya bisa dipertimbangkan terlebih dulu risiko dan pengembaliannya pada setiap jenis investasi yang akan kamu pilih.

2. Manajemen investasi

Loading...

Kenali baik-baik siapa yang menjadi manajer investasi (jika lewat reksadana) serta rajinlah melakukan komunikasi dengan si manajer investasi.

3. Profil penerbit

Jangan males cari tahu info selengkap-lengkapnya soal jenis investasi beserta beberapa profil penerbit yang mengeluarkan investasi tersebut. Harus di cek dengan detail profil penerbit sedetail mungkin. Jangan sungkan bertanya sampai kita puas kepada pihak manajemen.

Kamu bisa cek melalui www.pefindo.com rating dari penerbit. Sebaiknya memilih penerbit dengan rating minimal BBB (triple B).

Nah, semoga sedikit memberi gambaran pada kalian untuk berinvestasi ya guys !