Brilio.net - Terkadang kamu sudah membuat budget mingguan, sebagai pengeluaran yang akan kamu habiskan dalam satu minggu, tapi budget tersebut sering meleset dan jadinya kamu justru boros dan pengeluaranmu membengkak. Benar tidak? Untuk mengatur keuangan, yang perlu kamu  lakukan adalah jeli dan menggunakan trik-trik jitu agar keuangan kamu terselamatkan dalam seminggu.

BACA JUGA: Cara menabung berdasarkan tanggal ini begitu menginspirasi

Berikut ini adalah trik yang bisa kamu coba yang berhasil dilansir brilio.net dari bustle, Jumat (12/2), untuk menyelamatkan keuanganmu dalam seminggu ini. Check this out!

1. Jangan beli air minum botolan.

Loading...

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!

Tanpa kamu sadari, salah satu pengeluaranmu yang paling besar dalam seminggu selain untuk makan adalah untuk minum. Coba kamu mulai untuk memasak air dan membawa bekal minum sendiri. Karena kalau kamu sering membeli air minum botolan, pengeluaranmu bertambah tanpa kamu sadari.

2. Membawa bekal makan siang.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: notesofika.wordpress.com

Memasak sendiri bekal makan siang akan menghemat pengeluaran makan siang dalam seminggu. Selain hemat, tentunya lebih sehat karena kamu memasak sendiri bekalmu itu. Setuju?

3. Kurangi jajan camilan.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: takkasih.com

Daripada kamu ngemil yang justru tak membuatmu kenyang, lebih baik kamu mengatur pola makan dan mengganti konsumsi camilan itu dengan buah yang berat seperti pisang, atau pepaya, yang akan membuatmu tetap kenyang serta sehat. Dan pastinya nggak banyak pengeluaran.

4. Buat kopimu sendiri.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: satrya-ryan.blogspot.com

Daripada kamu membuang uang untuk membeli kopi di kafe yang harganya jauh lebih berkali-kali lipat mahalnya, kamu bisa membuat kopimu sendiri dengan membeli bubuk kopinya. Selain hemat, kamu bisa membuat kopi ala kamu sendiri.

5. Selalu catat pengeluaran harian.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: sakinafinance.wordpress.com

Jangan lupa untuk selalu merekam pengeluaran harian agar kamu tetap tahu dan mengontrol seberapa banyak uangmu yang keluar dalam sehari. Jika sudah terlihat mulai membengkak, kamu harus kurangi, ya.

6. Gunakan transportasi umum.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: falevireza.blogspot.com

Bila kamu bukan seorang dengan mobilitas yang tinggi, simpan kendaraan pribadimu dan beralihlah dengan transportasi umum. Selain menghemat uang bensin, kamu akan bisa ikut menjaga kelestarian alam dengan meminimalisasi polusi.

7. Bisa juga naik sepeda.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: blog.lowongan.id

Bila jarak tempuh tempatmu berkegiatan dekat, selain transportasi umum kamu bisa menggunakan sepeda. Selain murah dan hemat, tentunya sehat. Ya, nggak?

8. Buat produk sendiri.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!

Apakah kamu tahu kalau alat mandi seperti pasta gigi, deodoran, body lotion, sabun pencuci muka, deterjen, sampo dan kondisioner rupanya dapat dibuat dari beberapa bahan ramah lingkungan yang sudah kamu miliki di rumah? Kamu bisa membuat produk tersebut dari bahan alami sehingga akan menghemat pengeluaranmu.

9. Bekerja part time.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: witsvuvuzela.com3

Kamu bisa mencoba bekerja part time, seperti mengajar les, atau menjadi pelayan di restoran, jika kamu punya waktu luang. Tentunya gaji dari bekerja part time itu akan membantu keuanganmu.

10. Jangan tergoda barang diskon.

10 Cara berhemat dalam seminggu, bikin kantongmu 'aman' dan happy!foto: emjeshop.com

Belilah barang sesuai kebutuhanmu, dan jangan tergoda dengan adanya diskon. Karena terkadang, kalau kamu tergoda dengan adanya diskon, kamu membeli barang yang sebenarnya tidak benar-benar kamu butuhkan.