Brilio.net - Sebagai karyawan baru atau fresh graduate yang baru saja mendapat pekerjaan pastilah kita sering dibikin galau karena uang gaji yang habis tak berbekas. Masalah gaji, kadang hanya kita belanjakan untuk makan selama sebulan. Banyak juga yang malah merasa enggak sadar uangnya habis buat apa.

Sebelum hal itu kebablasan dan berdampak buruk pada perekonomianmu di masa depan, coba deh mulai berfikir untuk investasi. "Saat ini, sudah cukup banyak kok jenis-jenis investasi yang tidak harus bermodal besar. Misal surat berharga negara yang per lembarnya hanya dijual beberapa ratus ribu sampai satu juta" tutur Abdul Qoyum, dosen keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan kalijaga Yogyakarta.

Menurut alumni International Islamic Unversity Malaysia itu paling tidak ada empat jenis investasi yang cocok bagi karyawan dengan pendapatan Rp 2 juta-Rp 5 juta. Apa saja itu?

1. Deposito

Berinvestasi tak harus nunggu gaji besar, di bawah Rp 5 juta pun bisa

Loading...

Menurut Qoyum, deposito memiliki tingkat risiko yang rendah. Deposito cocok sekali untuk anak muda yang memiliki target jangka menengah. Dengan menginvestasikan uang dalam deposito, 3-5 tahun ke depan sudah bisa diambil untuk mewujudkan apa yang telah di targetkan dan yang pasti jumlah uangnya akan bertambah.

2. Reksadana

Berinvestasi tak harus nunggu gaji besar, di bawah Rp 5 juta pun bisa

Menginvestasikan uang pendapatan juga bisa melalui reksadana. Ada dua macam reksadana yang bisa dipilih, yaitu obligasi dan saham. Bagi kalian yang belum memiliki cukup ilmu tentang ekonomi, mending jangan mengambil jenis saham, lebih baik mengambil dalam bentuk obligasi saja. Sebab, reksadana obligasi bisa lebih santai dan tidak menguras pikiran karena sudah diurus oleh investment management masing-masing. Kita akan menerima return sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

3. SUKUK

Berinvestasi tak harus nunggu gaji besar, di bawah Rp 5 juta pun bisa

Sukuk adalah istilah lain dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). SUKUK merupakan obligasi negara yang memenuhi persyaratan prinsip syariah Islam. Per lembar SUKUK saat ini biasa dijual mulai Rp 100.000-Rp 1 juta. Cocok sekali untuk investasi bagi kalangan yang masih berpenghasilan Rp 2 juta-Rp 5 juta per bulan.

4. Asuransi

Berinvestasi tak harus nunggu gaji besar, di bawah Rp 5 juta pun bisa

Jenis investasi yang keempat adalah asuransi. Kamu boleh banget kok memikirkan risiko kesehatanmu di masa depan mulai dari sekarang. Silakan cari informasi dan pilih asuransi yang sesuai keadaan ekonomi masing-masing.

Nah, modal bukanlah penghalang bagi anak muda yang ingin melakukan investasi bukan?