Brilio.net - Langit malam yang gelap dan penuh bintang menjadi hal yang mulai langka di perkotaan akibat polusi cahaya. Oleh karena itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN) mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut turut serta mematikan lampu dalam kampanye "Malam Langit Gelap" atau "Dark Sky Night".

Ajakan ini rencananya akan diadakan pada Sabtu, 6 Agustus 2016 tepat pada pukul 20.00-21.00 WIB. Dari gerakan ini, LAPAN berharap masyarakat Indonesia dapat kembali menyaksikan keindahan Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang yang membentang dari utara ke selatan.

Selain itu, salah satu yang dapat disaksikan adalah penampakan Summer Triangle atau Segitiga Musim Panas, yang akan ikut hadir di langit malam.

Lalu apa sebenarnya Segitiga Musim Panas itu? Dikutip dari Kafeastronomi, Jumat (5/8), Segitiga Musim Panas adalah sebutan untuk tiga bintang terang yang jika ditarik garis lurus akan membentuk suatu segitiga besar di langit.

segitiga musim panas © 2016 brilio.net

Loading...

foto: tdjamaluddin.wordpress.com

Ketiga bintang terang tersebut adalah Altair yang merupakan bintang alpha rasi Aquila, Vega yang merupakan bintang alpha rasi Lyra, dan Deneb yang merupakan bintang alpha dalam rasi Cygnus.

segitiga musim panas © 2016 brilio.net

foto: kafeastronomi.com

-Bagi mereka yang tinggal di negara dengan empat musim, biasanya akan menyebut sebagai Summer Triangle. Karena apabila ketiga bintang itu sudah muncul di langit, maka musim panas akan segera tiba.-Sementara bagi mereka yang tinggal di belahan bumi selatan, tentu tidak ada istilah Summer Triangle karena memang tidak mengenal musim panas.-Namun jangan khawatir, kemunculan ketiga bintang Segitiga Musim Panas tetap dapat dinikmati mulai bulan Juli sampai bulan Oktober. Dan waktu yang paling tepat adalah saat kampanye "Malam Langit Gelap" nanti.