×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Betulkah cewek lebih sulit turunkan berat badan daripada cowok?

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Betulkah cewek lebih sulit turunkan berat badan daripada cowok?

Tidak apa-apa jika gagal dalam diet, namun yang penting melakukan evaluasi.

04 / 08 / 2016

Brilio.net - Pernahkah kamu merasa sepertinya laki-laki dapat menurunkan berat badan jauh lebih mudah daripada perempuan? Apakah benar demikian? Adakah bukti yang mendukungnya? Berikut ini brilio.net akan mengulasnya, berdasarkan penjelasan dokter Mitzi Dulan yang dirilis dari Women's Health, Kamis (4/8).

Di satu sisi, laki-laki cenderung memiliki massa otot lebih banyak daripada wanita. Karenanya, pembakaran kalori meningkat lebih cepat sehingga metabolismenya pun istirahat lebih cepat.

Ada juga faktor psikologis yang bekerja pada perempuan. Perempuan memiliki keterikatan emosional terhadap makanan yang lebih besar daripada pria. Inilah yang membuat wanita jauh lebih sulit untuk menjalankan rencana diet.

BACA JUGA: Postingan Instagram bisa ungkap profesi terbaikmu, ini cara mengetahui

Lebih parahnya lagi, ketika telah merasa membuat sedikit kesalahan saja dari rencananya, wanita lebih mungkin untuk membatalkan dietnya pada hari itu dan bertekad mengulangi sejak awal lagi. Sebab wanita punya pendekatan semua atau tidak sama sekali. Pada hari diet yang gagal itu, selama satu hari penuh mereka cenderung akan makan tanpa perhitungan. Sedangkan pria cenderung memiliki jenis reaksi emosional dan lebih mungkin untuk kembali pada jalur secara cepat.

Loading...

Namun, bukan berarti wanita tidak dapat berhasil menurunkan berat badan. Hanya saja perlu mengambil lebih banyak usaha. Dulan merekomendasikan mengiringi diet dengan olahraga rutin. Selain dapat menjaga kebugaran, ada kemungkinan massa otot meningkat.

Meskipun wanita tidak bisa mengubah hubungan psikologis dengan makanan, namun mereka bisa mengurangi intensitas makan. Misalnya mencari upaya untuk mengatasi stres atau emosi negatif lainnya dengan cara yang tidak melibatkan makan. Dulan menyarankan untuk pergi ke gym atau membaca buku.

Pesan penting Dulan pada wanita adalah, jika merasa melakukan kesalahan dalam diet, jangan menjadikannya sebagai alasan untuk menjadi "babi liar" dan mengubah dapur menjadi area bebas makan. Tidak apa-apa jika gagal dalam diet, namun yang penting melakukan evaluasi.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more