Brilio.net - Manfaat lidah buaya memang sangat banyak, namun seringkali melihat manfaat lidah buaya untuk penyubur rambut, ataupun perawatan kulit. Namun ternyata ia mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Tanaman tropis yang satu ini disebut-sebut memiliki kandungan 72 jenis zat bermanfaat dan 200 senyawa penting lain. Cara mengolahnya pun juga gampang, cukup dibikin jus, sejuta manfaat berada dalam genggaman.

Dilansir brilio.net dari marieclaire.co.uk, Kamis (30/6) berikut manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Alkalisasi tubuh.

Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Mengonsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

BACA JUGA: 10 Fakta unik MotoGP, satu pebalap berkeringat 2 liter/balapan

Loading...

2. Sistem imun tubuh.

Jus lidah buaya juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia. Ketika kita meminum jus lidah buaya secara teratur, tubuh akan memiliki antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan kita agar lebih tahan terhadap penyakit.

3. Detoksifikasi (mengeluarkan racun tubuh).

Jus lidah buaya dapat menjadi pilihan yang alami untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh manusia. Meningkatnya cara hidup tidak sehat seperti merokok, junk food, stress, dan polusi membuat kita membutuhkan "pembersihan" berbagai racun yang terdapat dalam tubuh. Jus lidah buaya adalah cara yang ideal untuk melakukan hal ini karena mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dan ketegangan sehari-hari dan meminimalisir racun dalam tubuh.

4. Menurunkan berat badan.

Mengonsumsi jus lidah buaya dapat membantu tubuh secara alami untuk membersihkan sistem pencernaan. Pola makan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan akan dinetralisasi oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu kamu menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu lidah buaya juga dapat mengenyangkan.

5. Sumber asam amino.

Tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan delapan dari asam amino ini secara mandiri. Karena jus lidah buaya mengandung tujuh dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari tubuh kita.

6. Membantu sistem pencernaan.

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Selain kemampuan detoksifikasi alami, jus lidah buaya dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Ia juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti sakit perut.

7. Cocok untuk penderita diabetes.

Jus lidah buaya ini dapat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh. Karena di dalam lidah buaya terdapat tiga senyawa penting seperti lektin, mannans, dan anthraquinones. Menurut sebuah studi ketika pasien penderita diabetes meminum jus lidah buaya menunjukkan perbaikan dalam kadar glukosanya.

8. Sumber vitamin dan mineral.

Jus lidah buaya mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya adalah Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E serta Niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.