Brilio.net - Kamu yang punya kebiasaan nggak terkendali selama makan, terus akhirnya mengalami kegemukan, coba deh kalem dikit. Kalem saat makan.

Kalau sebelumnya kamu tahu informasi bahwa kalau mau kurus cara mengunyah makan kudu lebih lama sehingga makanan lembut, maka kali ini makan dengan khidmat mendengarkan suara kecapan sendiri akan membantumu nurunin berat badan. Nggak percaya?

Sebuah studi menemukan bahwa memperhatikan suara kecapan sendiri saat makan dapat mengurangi konsumsi makanan, sebagaimana dikutip brilio.net dari PSYBLOG, Kamis (24/3).

BACA JUGA: 20 Makanan menyeramkan dan menjijikan, kamu berani coba?

"Ketika kamu menutupi suaramu sendiri, semisal makan sambil menonton TV, maka kamu akan mengalihkan sensasi inderamu dan menyebabkan kamu lebih banyak makan dari biasanya," kata Ryan Elder, salah satu penulis studi.

Loading...

Mungkin efek dari pengabaian suara kecapan saat makan ini nggak akan terasa dalam satu atau dua hari, tapi lama-lama akan terasa penambahan berat badanmu.

Nah, dengan sembari mendengar kecapan kamu pun secara sadar sudah memproses makanan dengan cara yang benar. Sehingga mempermudah proses pencernaan yang ujungnya berpengaruh pada metabolisme secara seimbang.

Studi ini diharapkan bisa membantu menjelaskan kepada orang bahwa kesadaran menikmati segala proses saat makan, termasuk suara kecapan, memang dapat memengaruhi nafsu dan porsi makan seseorang.