Brilio.net - Produk air yang sering kita konsumsi memang banyak banget macamnya. Mulai dari yang biasa saja, hingga yang banyak tambahan manfaatnya dengan kata-kata ilmiah.

Akan tetapi, dua produk yang paling terkenal adalah Kangen Water dan air Reverse Osmosis (RO). Apa sih, sebenarnya kedua perbedaan dari produk air ini? Berikut adalah jawabannya, sebagaimana dihimpun brilio.net dari the Water Doctor, Rabu (3/8).

Hal yang pertama kita harus tahu adalah soal prosesnya. Untuk air RO sendiri, metode yang digunakan adalah penyaringan dengan menggunakan lapisan. Lapisan atau membran tersebut berfungsi untuk menyaring berbagai zat, hingga akhirnya air benar-benar bebas dari zat berbahaya. Memang ada banyak lapisan yang digunakan dalam proses ini.

Sedangkan untuk Kangen Water alias air berbasis alkali, ada dua proses yang dilakukan. Pertama adalah sama seperti air RO. Setelah tersaring, kemudian air tersebut masuk ke sebuah proses bernama ionisasi. Di tahap inilah, air akan diproses secara elektronik dan kemudian akan mengubah kandungan ion dalam air.

Baik air RO maupun Kangen Water memang sama-sama lebih bersih dan lebih sehat untuk tubuh kita. Akan tetapi, karena perbedaan proses tersebut, Kangen Water lebih cepat diserap oleh tubuh. Hal ini terjadi karena proses ionisasi tersebut.

(brl/gib)