Brilio.net - Tidak hanya sinetron, ternyata bersin pun juga mempunyai seri tersendiri. Tepatnya adalah tiga seri alias tiga hacim dalam setiap kali bersin. Mungkin banyak dari kamu yang tidak menyadari dari fenomena ini. Memang sih, kurang kerjaan banget menghitung berapa hacim saat bersin, bersin ya bersin aja, kok ribet banget?

Bersin sebenarnya hasil dari otot dada yang menyinggung ke paru-paru. Akibatnya, ledakan itu muncul ke atas atau hidung sebagai bersin. Saat terjadi bersin, tenggorokan tertutup ketat, kemudian air keluar melalui hidung dengan kecepatan hingga 160 km/jam. Memang salah satu fungsi bersin adalah membuang racun dari tubuh. Wah!

Tapi yang menjadi pertanyaan bukan itu lagi, tetapi mengapa kebanyakan orang sering mengeluarkan tiga hacim setiap bersin? Ternyata memang inilah proses bersin sendiri, sebagaimana dikutip brilio.net dari Science Alert, Rabu (4/5).

BACA JUGA: 10 Makanan & minuman ini bantu bersihkan paru-parumu, cara bikinnya gampang!

Loading...

Hacim pertama adalah untuk membersihkan iritasi dari sistem tubuh. Hacim yang kedua adalah membawa iritasi ke dalam hidung. Yang terakhir adalah mengeluarkannya dari hidung. Jelas kan?

Tapi banyak juga orang yang tidak mempunyai seperti itu. Alasannya adalah soal metabolisme tubuh. Masing-masing dari kita mempunyai ciri tersendiri dalam membersihkan saluran udara melalui bersin. Jadi, tidak masalah jika kamu tidak mengeluarkan hacim tiga kali dalam setiap bersin.

Coba deh, kalau kamu bersin hitung berapa kali kamu mengeluarkan hacim.