Brilio.net - Semua orang pasti pernah bersin. Bersin adalah respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika dia mendeksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung. Sehingga ketika terdeteksi, otomatis tubuh akan menolak bakteri itu. Caranya? Ya dengan bersin itu.

Bersin juga dapat timbul akibat peradangan (rhinosinusitis), benda asing, infeksi virus, atau reaksi alergi. Alergi sendiri muncul karena paparan terhadap bahan alergen.

Kenapa bersin nggak boleh ditahan? Karena jika kita menahan bersin, maka dapat merusak organ-organ tubuh lainnya. Seperti kerusakan pada gendang telinga, dan yang paling parah, kamu memiliki resiko mengalami pecah pembuluh nadi di kepala dan juga di leher.

Ini disebabkan karena ketika kita menahan bersin, maka tubuh harus mengatasi perubahan akibat tekanan kuat yang masuk kembali dalam saluran pernapasan. Nah tekanan-tekanan inilah yang pada akhirnya memicu kerusakan-kerusakan lain karena tubuh tak dapat meresponnya dengan baik.

Sebaliknya, jika kita bersin terlalu keras, efeknya bahkan dapat meretakkan tulang iga kita. So, hati-hati ya guys kalau bersin.