Brilio.net - Memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal tentu saja idaman setiap orang. Belum lagi kondisi yang bugar dan sehat tentu impian siapa saja.

Namun, berhati-hatilah kamu jika memiliki kelebihan berat badab atau obesitas. Selain rentan terserang penyakit tertentu, menurut sebuah penelitian terbaru dari The Quarterly Journal Of Experimental Psychology, Universitas Cambridge anak muda dengan kelebihan berat badan akan memiliki daya ingat ingat yang lebih buruk dibanding mereka yang kurus.

BACA JUGA: 15 Kekonyolan traveling bareng teman, keseruan yang sulit dilupakan

Dilansir brilio.net dari bbc, Senin (29/2) para peneliti mengungkapkan bahwa memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi cenderung memiliki skor rendah dalam uji memori. Tes tersebut dilakukan dengan melibatkan sebanyak 50 orang dalam rentan usia 18-35 tahun. Dengan melakukan tes sederhana semisal menaruh benda dan dengan skenario tertentu mereka kemudian diminta mengingat kembali apa yang telah mereka sembunyikan, kapan dan di mana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas meraih skor 15% lebih rendah dibanding partisipan dengan tubuh kurus.

Dr Lucy Cheke, salah satu peneliti menyebutkan bahwa angka BMI yang tinggi menyebabkan penurunan daya ingat. Namun angka BMI yang tinggi memang tidak menyebabkan hilangnya daya ingat atau amnesia. "Kami tidak menyimpulkan orang kegemukan itu cenderung pelupa, namun jika hasil ini digeneralisasikan ke kehidupan sehari-hari maka bisa jadi orang yang obesitas kurang mampu menghidupkan rincian memori peristiwa di masa lalu, termasuk seberapa banyak mereka makan sebelumnya," terangnya.

Loading...

Dengan kata lain, orang obesitas bukan berarti dia yang selalu banyak makan tapi karena cenderung orang tersebut kesulitan mengingat apa dan seberapa banyak makanan yang sudah dimakan.