Brilio.net - Kabar baik datang dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa kini telah terdapat sekitar tujuh atau delapan calon teratas vaksin guna memerangi virus corona.

"Kami memiliki kandidat yang baik sekarang. Yang teratas sekitar tujuh, delapan. Tetapi kami memiliki lebih dari seratus kandidat," kata Tedros seperti dikutip brilio.net dari Merdeka, Rabu (13/5).

Sebelumnya, pihaknya berkata bahwa kemungkinan akan diperlukan 12 hingga 18 bulan untuk bisa mendapatkan vaksin. Namun saat ini, dibantu dengan dana 7,4 miliar euro atau sekitar Rp 119 T yang dijanjikan oleh para pemimpin dari 40 negara, organisasi, dan bank, dia mengatakan bahwa upaya percepatan sedang dilakukan.

"Kami fokus pada beberapa kandidat (vaksin virus corona) yang kami miliki yang dapat membawa hasil yang mungkin lebih baik dan mempercepat kandidat tersebut dengan potensi yang lebih baik," lanjutnya.

Kendati demikian, dalam kesempatan tersebut, Tedros tidak mengungkapkan kandidat-kandidat teratas vaksin corona itu. Namun, ia memastikan bahwa vaksin ini akan menjangkau semua orang dan tidak ada yang tertinggal.

Loading...

Lepas dari itu, sejak Januari lalu Tedros mengatakan bahwa WHO telah bekerja dengan ribuan peneliti di seluruh dunia guna mempercepat dan melacak pengembangan vaksin mulai dari pengembangan model hewan hingga desain uji klinis dan segala sesuatu di antaranya.

Pihaknya berkata bahwa ada juga konsorsium lebih dari 400 ilmuwan yang terlibat dalam pengembangan dan diagnosis vaksin corona itu.