Brilio.net - Pandemi virus corona belum menunjukkan perlambatan. Di Indonesia sendiri, angka kasus positif mencapai 13.645 pada Sabtu (9/5). Bahkan, ada lebih dari empat juta kasus positif tercatat di seluruh dunia. Pandemi virus ini tak bisa dianggap remeh. Solusi seperti physical distancing jadi senjata utama dalam memperlambat laju pertumbuhan virus corona.

Saking viralnya, banyak yang mengklaim menemukan obat untuk virus corona tanpa ada bukti ilmiah. Dari urine sapi sampai essential oil. Deretan mitos obat ini dipercaya banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Sampai sekarang, belum ada vaksin atau obat yang terbukti ilmiah bisa menyembuhkan Covid-19. Sistem imun yang baik serta gaya hidup sehat sendiri masih dipercaya sebagai faktor di balik kesembuhan pasien positif.

Seperti apa deretan mitos obat corona paling unik? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (11/5) yuk kita simak bersama.

1. Minyak dioleskan ke anus.

Loading...

4 Mitos obat virus corona paling aneh istimewa

foto: shutterstock.com

Seorang pemuka agama di Iran, Ayatollah Tabrizian secara terang-terangan tak percaya dengan dunia medis ala Barat. Dirangkum brilio.net dari alaraby.co.uk, Ayatollah bahkan merekomendasikan teknik unik yaitu menggunakan minyak ungu (violet oil) sebelum tidur. Caranya adalah membasahi sebuah kapas dan langsung dioleskan ke anus.

2. Urine sapi.

Seorang tokoh India, Suman Haripriya mengatakan bahwa urine dan kotoran sapi bisa sangat bermanfaat melawan virus mematikan ini. Dilansir briio.net dari Press Trust of India, Suman mengatakan bahwa urine dan kotoran sapi bisa menyucikan sebuah area dengan efektif yang bisa membantu melawan pandemi virus corona.

3. Bawang putih direbus.

4 Mitos obat virus corona paling aneh istimewa

foto: shutterstock.com

Dilansir dari Gulfnews, beredar kabar bahwa bawang putih direbus bisa menyembuhkan virus corona di Karaikudi, India. Beberapa pemilik restoran bahkan menawarkan potongan bawang putih sebagai pelengkap makanan di India.

4. Obat misterius Shuanghuanglian.

4 Mitos obat virus corona paling aneh istimewa

foto: shutterstock.com

Shuanghuanglian adalah obat oral dari China yang viral karena dipercaya sebagai obat corona dari negeri Tirai Bambu tersebut. Dilansir dari Koreabiomed, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan Shuanghuanglian bisa melawan COVID-19. Walaupun seperti itu, masih banyak yang mencari obat misterius ini di berbagai apotek tradisional di China.