Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa angka pasien positif dan meninggal akibat virus corona di Pulau Jawa masih di atas 50 persen. Oleh karenanya, ia meminta Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 di lima provinsi Pulau Jawa untuk secara efektif mengendalikan kasus tersebut.

"Data gugus tugas kasus positif terdapat 70 persen di Pulau Jawa, demikian angka kematian 82 persen ada di Jawa. Untuk itu saya minta kepada tim gugus tugas agar memastikan pengendalian Covid-19 di lima provinsi pulau Jawa betul-betul dilakukan secara efektif," kata Jokowi, seperti dikutip brilio.net dari Merdeka, Selasa (12/5).

Pihaknya lalu menekankan bahwa pengendalian tersebut sebisa mungkin harus dilakukan sebelum lebaran.

"Terutama dalam waktu dua minggu ke depan ini. Kesempatan kita mungkin sampai lebaran betul-betul kita gunakan," jelas Jokowi.

Sementara itu, dikutip dari Covid19.go.id, terhitung hingga Senin (11/5) pagi sore kemarin, kasus virus corona secara nasional telah mencapai 14.265 kasus. Dari jumlah tersebut, diketahui terdapat 233 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Loading...

Sementara itu, jumlah pasien yang dirawat saat ini mencapai 10.393. Lalu, pasien meninggal, tercatat sebanyak 991 orang, sedangkan pasien yang telah sembuh sebanyak 2.881 orang.

Dari data tersebut, diketahui pula bahwa kasus positif terbanyak terdapat di DKI Jakarta dengan total 5.276 kasus. Lalu, disusul oleh Provinsi Jawa Timur sebanyak 1.536 kasus dan Jawa Barat sebanyak 1.493 kasus.