Brilio.net - Macet bukan hanya menjadi problem besar di kota-kota besar di Indonesia. Kota besar di China juga mengalami hal serupa. Terobosan pengurai kemacetan terus diperbarui. Kalau dulu ada komuter dan ternyata belum terlalu efektif, kini negeri Tirai Bambu tersebut memiliki ide cemerlang lain dengan mengeluarkan bus yang mengangkangi jalan raya. Jadi, bus ini akan berjalan di atas kendaraan-kendaraan di jalan raya.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari world economic forum, Kamis (4/8), awal tahun 2016 bus Transit Elevated Bus (TEB) tersebut dipamerkan di China Beijing International High-Tech Expo ke-19. Model skala kecil yang dipamerkan ini ternyata langsung menarik minat pemerintah Brasil, Prancis, India, dan Indonesia. Berikut videonya yang dikutip dari akun YouTube CCTV News:

TEB kemudian benar-benar diujicobakan pertama kali di jalan Kota Qinhuangdao di Provinsi Hebei utara untuk menguji rem dan konsumsi daya baru-baru ini. Berikut videonya yang dikutip dari akun YouTube Nathan Abel:

TEB adalah bus dengan dukungan listrik yang memiliki kapasitas 300 penumpang. Kemungkinan ke depannya akan mengangkut lebih dari itu. Dari segi fisik, TEB memiliki panjang sekitar 22 meter, lebar 7,8 meter, dan tinggi 4,8 meter.

Adanya TEB diharapkan bisa mengurangi kemacetan di jalan dan memaksimalkan fungsi komuter dan mobil. TEB ini sendiri dilihat sebagai alternatif kereta bawah tanah, di mana sama-sama cepat dalam proses pembuatannya dan lebih murah.

Kira-kira Indonesia bakal benar-benar datengin TEB juga nggak ya, Sobat Brilio?

(brl/swh)

(brl/swh)