Brilio.net - Data terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan hingga Minggu (8/3) siang, sedikitnya 5.393 orang meninggal dunia akibat virus Corona secara global. Italia, Iran, dan Korea Selatan masih tercatat memiliki kasus terbesar di luar China dalam data persebaran virus Corona COVID-19.

Selain di China, kasus terbesar kedua tercatat di Italia yang mencapai 17.660 lebih pasien dengan angka kematian hingga 1.268 jiwa. Menanggapi hal tersebut, sejak Senin (9/3) malam Italia telah mengumumkan lockdown atau penguncian secara nasional untuk membatasi penyebaran virus.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Giuseppe Conte. Saat itu, Giuseppe Conte mengatakan wilayah zona merah telah diperluas ke semua wilayah nasional. Masyarakat hanya diperbolehkan pergi ketika ada urusan pekerjaan mendesak dan kepentingan kesehatan. Selebihnya mereka harus tetap berada di dalam rumah.

Meski kini negara asal pizza itu sedang diisolasi, ternyata tidak menghentikan masyarakat Italia untuk saling menghibur dan memberi semangat pada satu sama lain. Hal ini terlihat dari beberapa video yang diunggah ke Twitter belum lama ini.

Dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (15/3), berikut lima kondisi warga Italia yang saling memberi semangat di tengah situasi lockdown virus Corona.

Loading...

1. Suasana yang lengang di Siena, Italia menjadi lebih hangat dengan nyanyian dari para warga yang berada di dalam rumah.

2. Dengan membuka jendela, para warga Naples, Italia kompak menyanyikan lagu "Abbracciame" yang berarti peluk aku.

3. Hal yang sama pun terjadi di kota Salerno, Italia. Meski tidak bisa bertemu secara langsung, para warga tetap 'berkumpul' dengan caranya sendiri.

4. Lebih kreatif, para warga di Milan kompak memainkan alat musik di balkoni hunian masing-masing.

5. Meski negaranya tengah diisolasi, para warga tetap saling menguatkan dan menghibur satu sama lain tanpa bertemu langsung.