Brilio.net - Penyebaran virus Corona COVID-19 saat ini sudah semakin meluas. Bahkan di Indonesia sudah terdapat korban meninggal dunia akibat virus ini.

Untuk mencegah terinfeksi virus tersebut, publik diminta untuk terus waspada dan melakukan kebiasaan kebersihan dasar. Selain menggunakan hand sanitizer (pembersih tangan), masker, juga perlu mendisinfeksi gadget seperti ponsel, tablet dan laptop.

Smartphone dan gadget lainnya adalah beberapa barang yang menjadi sarang untuk bakteri dan virus, yang meningkatkan risiko terinfeksi virus Corona.

Dilansir Boldsky, Sabtu (14/3), menurut The Journal of Hospital Infection, virus Corona bisa hidup di permukaan seperti kaca, plastik atau logam. Ini berarti bahwa tidak peduli seberapa banyak kamu mencuci tangan jika smartphonemu tidak bersih, kamu berpotensi mengekspos dirimu sendiri pada kuman-kuman tersebut.

Untuk itu, kamu perlu membersihkan seluruh gadget yang kamu miliki untuk mencegah terinfeksi virus Corona. Ada cara untuk mendisinfeksi gadget dengan benar, yakni jika smartphonemu tahan air, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan. Kamu juga bisa gunakan tisu dan banyak pembersih tangan untuk membersihkan laptopmu.

Loading...

Namun jika ponselmu tidak tahan air, usap layar dengan kain serat mikro yang lembut dan sedikit basah. Kamu juga bisa menggunakan kain serat mikro yang lembut dan agak basah untuk membersihkan layar laptop dan tabletmu. Jika gadgetmu memiliki casing atau penutup, bersihkan juga dengan kain yang lembab.

Selain membersihkan smartphone dan gadget lainnya, kamu juga perlu menghindari beberapa hal berikut ini.

Pertama, jangan menyeka layar ponselmu dengan tisu desinfektan atau alkohol karena bisa merusak layar ponselmu.

Lalu hindari menyentuh ponsel atau laptop orang lain dan menghindari memberikan gadgetmu kepada orang lain.

Jangan gunakan pembersih peralatan di rumah, pelarut dan semprotan aerosol untuk membersihkan gadgetmu karena bisa menyebabkan perubahan warna dan merusak ponselmu secara bersamaan.

Jika case atau kaca ponselmu terlalu kotor, jangan lagi digunakan ya.