Brilio.net -  Sebuah momen berharga nggak akan datang dua kali dalam kehidupan seseorang. Wajar jika banyak orang selalu ingin mengabadikan momen tersebut lewat jepretan kamera. Suatu waktu, momen tersebut bisa menjadi cerita tersendiri untuk anak cucu atau sarana bernostalgia.

Sekarang ini memotret bukan hanya dilakukan fotografer profesional. Semua orang kini bisa mengabadikan momen menarik dalam bentuk foto ataupun video. Produsen pun saling berlomba berinovasi menghadirkan kamera berkemampuan superior. Nggak cuma besaran megapiksel, tapi juga menawarkan fitur kamera yang bisa menghasilkan kualitas foto prima.

Nah, berikut ini inovasi-inovasi luar biasa yang pernah terjadi pada produk kamera yang bisa kamu andalkan untuk mengabadikan momen berhargamu, sebagaimana dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (17/11).

1. Aerial.

6 Kamera ini bikin yang dulu tampak mustahil kini mudah diwujudkan berbagai sumber

foto: thedronesmag.com

Melakukan pemotretan dari atas langit dengan kamera yang dipasang pada pesawat kecil tanpa awak (drone) saat ini tengah menjadi tren. Meski drone ini pada awalnya hanya digunakan oleh anggota militer, rupanya di masa yang serba canggih ini, drone telah banyak digunakan oleh seluruh pihak secara meluas. Seperti saat ini, teknik pemotretan aerial ini kerap dimanfaatkan untuk mendokumentasikan berbagai kegiatan di tempat wisata.

2. Underwater.

6 Kamera ini bikin yang dulu tampak mustahil kini mudah diwujudkan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika dulu dunia fotografi hanya berfokus pada objek di darat dan udara saja, kini seiring berkembangnya teknologi, kamu juga bisa menangkap objek yang letaknya di dalam air. Kamera underwater menjadi gebrakan teknologi untuk memanjakan siapapun yang ingin mengabadikan momen di dalam air. Sesuai namanya, kamera khusus ini bisa dioperasikan di dalam air. Kamera ini dapat mengabadikan setiap momen fotografi di dalam air, baik itu itu kedalaman sungai, danau, maupun laut.

3. Video 360 derajat.

6 Kamera ini bikin yang dulu tampak mustahil kini mudah diwujudkan berbagai sumber

foto: engadget.com

Keberadaan kamera 360 derajat membuka berbagai kemungkinan baru dalam penyampaian informasi yang berbeda dari kamera konvensional. Berbeda dengan kamera biasa, kamera 360 derajat biasanya menggunakan lensa cembung di bagian depan kamera serta sensor yang dapat bergerak sehingga memungkinkan mengambil foto atau video dari berbagai sudut.

Video 360 derajat merupakan video yang dibuat dengan sistem kamera yang dapat merekam seluruh pemandangan dengan sudut mencapai 360 derajat secara berkelanjutan sehingga orang yang melihat video tersebut bisa melihat video dari berbagai sudut.

4. Kamera sekaligus cetak foto.

6 Kamera ini bikin yang dulu tampak mustahil kini mudah diwujudkan berbagai sumber

foto: pinterest.com

Kamera langsung jadi atau yang lebih dikenal sebagai kamera polaroid adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid. Menurut sejarah, kamera ini sudah ada sejak tahun 1937.

Seiring perkembangan zaman, popularitas kamera polaroid menjadi tergeser dengan keberadaan kamera analog, kamera digital, dan kamera DSLR. Namun, beberapa tahun belakangan ini kamera polaroid kembali populer. Kamera ini dinilai lebih praktis dari segi pemotretan sampai percetakan. Kamu tinggal jepret kemudian fotomu sudah bisa dicetak langsung dari kamera.

5. Kamera yang bisa dipakai sambil beraksi.

6 Kamera ini bikin yang dulu tampak mustahil kini mudah diwujudkan berbagai sumber

foto: digitaltrends.com

Kamera sudah menjadi kebutuhan utama untuk mengabadikan momen, di antaranya saat beraktivitas di luar ruangan. Tapi, kegiatan jalan-jalan seringkali justru jadi ribet kalau harus bawa kamera berukuran besar. Mengakomodasi kebutuhan konsumen, hadirlah action camera yakni sebuah kamera yang dirancang khusus untuk merekam kegiatan-kegiatan outdoor.

Secara spesifik kamera jenis ini dirancang untuk mengabadikan aksi maupun olahraga ekstrem seperti skateboarding, motocross, bungee jumping, terjun payung, surfing dan masih banyak lagi. Nggak heran, kamera ini kini sangat populer. Ukurannya yang mini dengan kemampuan super membuat aktivitas outdoor makin seru karena kamu nggak perlu takut kamera rusak karena benturan.

6. Kamera sekaligus kacamata.

6 Kamera ini bikin yang dulu tampak mustahil kini mudah diwujudkan berbagai sumber

foto: nbcnews.com

Berkat kemajuan teknologi, kini telah hadir kacamata berkamera. Seperti kamera lainnya, kacamata ini juga dapat digunakan untuk mengabadikan momen. Adalah Spectacles, salah satu kacamata berkamera yang tengah hits saat ini.

Dengan Spectacles, kamu bisa merekam video dan langsung bisa mengunggahnya ke akun Snapchatmu. Selain itu, kamu bisa melakukan sinkronisasi akun Snapchat dan menyimpan video yang sudah direkam melalui Spectacles dengan menggunakan Snap Inc. atau memori yang ada pada Spectacles.

Kacamata Spectacles ini dilengkapi dengan built-in camera di bagian depan yang bisa merekam video selama 10 detik khas Snapchat dengan wide-angle lens yang terpasang di bagian depan kacamata.

Apakah kamu penasaran dengan kacamata revolusioner garapan Snapchat ini? Jangan khawatir, karena sekarang ini ada kesempatan istimewa buat kamu dapetin kacamata pintar Snapchat spectacles. INSTO sebagai merek tetes mata yang sudah sangat dikenal di Indonesia kini mengadakan ajang “Buka Mata Buka Cerita” bekerja sama dengan sutradara top Nia Dinata.

6 Kamera ini bikin yang dulu tampak mustahil kini mudah diwujudkan berbagai sumber

foto: insto.co.id/bukamatabukacerita

Nia Dinata dan INSTO akan menyeleksi foto untuk dipilih pemenangnya. Selain mendapat Snapchat spectacles, kamu juga berkesempatan menjadi Co-Director Nia Dinata untuk film terbarunya dan hadiah jutaan rupiah. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ikutin lombanya di sini.

 

(brl/tin)