Brilio.net - Orangtua kini memiliki tantangan baru di era digital, di mana mereka harus bisa mengenalkan teknologi kepada anak-anaknya tanpa harus membuat mereka kecanduan dengan teknologi tersebut. Pasalnya, anak-anak sangat senang dan mudah sekali kecanduan gadget. Hal inilah yang terkadang dikhawatirkan orangtua pada anak-anak mereka yang kecanduan memainkan gadget.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (9/1), Pada balita, kebiasaan bermain gadget diketahui dapat menghambat stimulus fisik atau motorik anak, menghambat perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. Sangat mengkhawatirkan bukan?

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, psikolog dari Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro, Jakarta, Jane Cindy, menegaskan gadget dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Gadget memiliki dampak yang dapat menyebabkan kecanduan, terutama bila anak terbiasa bermain dengan gadget. Anak akan terus-menerus menggunakan gadget dan perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat," kata Cindy.

Cindy mengatakan, anak yang sudah mulai kecanduan gawai akan terbiasa mendapatkan kesenangan dengan pola satu arah. Mereka lebih suka bermain sendiri menggunakan gawai ketimbang bermain bersama teman-temannya. Selain perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat, kesenangan yang didapat dari kecanduan gadget juga dapat membuat anak-anak menghindar dari tanggung jawab dan tugas mereka.

Loading...

"Mereka jadi malas mengerjakan pekerjaan rumah, belajar, ikut les dan lain-lain," ujarnya.

Mengingat dampak gadget pintar pada anak bisa berakibat positif dan negatif, pihak orangtua sebaiknya berlaku bijak dalam memperbolehkan anaknya menggunakan smartphone atau tablet. Salah satu cara bijak tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi pengawasan orangtua atau lebih dikenal dengan parental control.

Berikut ini ada beberapa aplikasi yang bisa diandalkan orangtua untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (9/1).

1. Kid Mode.

Aplikasi ini bisa kontrol penggunaan gadget pada anak Istimewa

foto: internetmatters.org

Kid Mode bisa diandalkan para orangtua untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak. Aplikasi ini memiliki kelebihan dengan dibekalinya fitur video chat khusus untuk sesama anggota keluarga. Selain itu, kamu pun dapat mengaturnya untuk secara konstan (per minggu atau bulan) mengirimkan email yang berisikan laporan alamat-lamat situs mana saja yang diakses oleh Anak. Cara ini terbilang sangat aman dan bisa membatasi apa saja yang bisa diakses anak.

2. AppsNotifier.

Aplikasi ini bisa kontrol penggunaan gadget pada anak Istimewa

foto: howtogeek.com

Anak-anak sekarang ini sangat cepat memahami penggunaan gadget. Mereka bisa mengingat dengan baik apa saja yang mereka lihat. Anak-anak bahkan membeli dan mengunduh sendiri aplikasi yang mereka inginkan tanpa sepengetahuan orangtuanya. Terkadang tanpa disadari aplikasi yang diunduh berbayar, tentu ini akan sangat merugikan kamu sebagai orangtua bukan?

Dengan AppsNotifier, kamu akan terhindar dari masalah ini. Setiap kali ada pembelian aplikasi, AppsNotifier akan memberitahukan kamu melalui e-mail dan memblok aplikasi tersebut dari proses unduh sebelum kamu memasukan kode password persetujuan.

3. Kids Place.

Aplikasi ini bisa kontrol penggunaan gadget pada anak Istimewa

foto: nytimes.com

Kids Place sangat diperlukan oleh orangtua untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Kids Place memiliki fitur yang dapat mencegah anak-anak mengunduh (download) aplikasi baru, melakukan panggilan telepon, atau aktivitas lainnya yang memerlukan biaya. Nah jelas ini menjadi aplikasi yang sangat mebantu orangtua untuk mengontrol anak-anaknya bukan? Jadi kamu tidak perlu khawatir ketika anak-anak menggunakan gadget.

4. Screen Time Parental Control.

Aplikasi ini bisa kontrol penggunaan gadget pada anak Istimewa

foto: Google Play Store

Screen Time Parental Control menajadi aplikasi yang paling bisa diandalkan, pasalnya aplikasi satu ini bisa menghentikan sesaat perangkat yang digunakan anak. Seperti dua aplikasi di atas, aplikasi ini juga memiliki pengaturan waktu penggunaan perangkat.

Menariknya, tak hanya untuk penggunaan ponsel pintar yang bersangkutan secara umum, fitur itu tapi juga mengatur batas waktu penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu dan gim.

5. Kakatu Parental Control.

Aplikasi ini bisa kontrol penggunaan gadget pada anak Istimewa

foto: Google Play Store

Kakatu Parental Control merupakan atu aplikasi parental control terbaik buatan Tanah Air yang berdiri sejak 2014. Dengan aplikasi ini, orangtua dapat memonitor dan mengontrol perilaku anaknya saat menggunakan ponsel pintar di manapun dan kapanpun. Wah bisa diandalkan banget bukan? Kamu sebagai orangtua tidak perlu terlalu khawatir ketika anak-anak sibu memainkan gadget-nya. Selain itu, Kakatu Parental Control juga memiliki panduan respon orangtua untuk berkomunikasi dengan anak.