Brilio.net - Cyber crime atau kejahatan yang dilakukan dengan teknologi komputer makin marak ditemukan. Tindakan ini tentu sangat mengganggu dan merugikan banyak pihak. Tak kalah bahaya dari kejahatan pada umumnya, cyber crime bisa menyerang siapa saja dari bahkan dari jarak jauh.

Salah satu yang perlu diwaspadai adalah menjaga keamanan privasi akun media sosial yang kita miliki. WhatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi chatting yang dimanfaatkan juga sebagai media sosial. Dengan banyaknya fitur menarik yang semakin memudahkan kita untuk melakukan segala hal, membuat WA rentan disasar hacker alias penyadap.

Ya, seperti diketahui hacker adalah orang yang dapat menerobos masuk ke jaringan komputer. Sebenarnya hacker dapat memberikan manfaat baik, namun akhir-akhir ini sebutan hacker lebih sering ditujukan untuk pelaku kejahatan. Banyak kasus hacker menyadap website atau akun-akun dan memberikan dampak negatif bagi sebagian orang.

Tingginya kecanggihan yang digunakan hacker, terkadang orang tidak menyadari kalau dirinya disadap. Lalu bagaimana kita bisa tahu kalau kita sedang disadap?

Nah, ini 7 tanda WhatsApp (WA) kamu sedang disadap hacker ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/1).

Loading...

1. Chat auto terbaca.

7 tanda WhatsApp (WA) kamu disadap hacker © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Pernah nggak, kamu mengalami ada chat WA yang masuk, belum kamu baca, tapi kok sudah terbuka? Nah, kamu harus waspada, bisa jadi ada pihak lain yang sudah membukanya.

Hal ini bisa jadi ada pihak lain yang juga mengendalikan akun WhatsAppmu. Coba diingat-ingat, di mana saja kamu pernah log in WhatsApp. Bisa jadi, dari situlah orang lain dapat mengendalikan WhatsAppmu.

2. Perhatikan menu WhatsApp Web.

7 tanda WhatsApp (WA) kamu disadap hacker © 2020 brilio.net

foto: via brilio.net

Cara lain untuk memastikan WA disadap atau tidak, dengan mengecek menu WhatsApp Web. Hal ini bisa memastikan apakah ada perangkat lain yang aktif dengan akun kamu atau tidak. Kamu juga bisa mendapat notifikasi jika WhatsApp Webmu sedang aktif pada perangkat apa dan pada jam berapa digunakan.

Untuk mengecek menu WhatsApp Web kamu bisa ikuti cara berikut ini. Buka aplikasi WhatsApp, klik 3 titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih WhatsApp Web. Selanjutnya kamu akan mendapatkan informasi apakah ada perangkat lain yang mengakses atau tidak. Jika ditemukan dan bukan dari tindakanmu, kamu klik 'log out from all computers' untuk mengeluarkannya.

3. WhatsApp log out tiba-tiba.

7 tanda WhatsApp (WA) kamu disadap hacker © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Mungkin kamu pernah mengalami aplikasi WhatsAppmu tiba-tiba log out sendiri. Banyak orang yang menyepelekan hal ini dan membiarkannya begitu saja. Padahal seharusnya diwaspadai, bisa jadi ada orang yang sedang menyadap WA-mu.

Hal ini bisa menyebabkan kamu tidak bisa log in kembali. Jadi kalau kamu sering merasa WA tiba-tiba keluar atau log out, segera pastikan apakah akunmu disadap atau tidak ya.

4. Suara berisik saat telepon.

7 tanda WhatsApp (WA) kamu disadap hacker © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Suara berisik saat menggunakan telepon WhatsApp bisa jadi karena kamu sedang disadap. Meski tidak selalu, namun hal ini bisa jadi salah satu tanda-tandanya.

Kondisi ini terjadi karena jika ada orang yang mengawasimu, ada aplikasi atau alat yang digunakan untuk menyadap kita. Alat yang digunakan untuk menyadap dan merekam perbincangan itulah yang memberikan efek suara berisik atau bising saat telepon.

5. Paket data menjadi lebih boros.

7 tanda WhatsApp (WA) kamu disadap hacker © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Meskipun bukan faktor utama, namun kamu juga harus memperhatikan penggunaan paket datamu. Misalnya, dalam sebulan kamu biasanya menghabiskan 2 GB kuota internet, namun tiba-tiba lebih boros menjadi 4 GB, maka kamu harus mengingat penggunaannya.

Jika kamu memang menggunakannya, tentu wajar. Tapi kalau tidak ada aktivitas tinggi yang membuat paket data menjadi lebih boros, kamu harus menelusurinya.

Kamu juga bisa melacak penggunaan datamu dengan menggunakan aplikasi. Namun ada juga beberapa smartphone yang sudah memiliki fitur bawaan untuk melihat penggunaan paket data.

6. Adanya pesan aneh berupa angka, kode, atau simbol.

7 tanda WhatsApp (WA) kamu disadap hacker © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Mungkin kamu pernah melihat ini di film-film atau serial. Ya, memang tida berbeda jauh dengan tanda WA kamu disadap. Pesan aneh ini berasal dari fitur remote control di software untuk menyadap WA-mu.

Maka kalau kamu menemukan hal aneh ini, disarankan untuk factory reset, atau mengembalikan ke setelan awal. Namun jangan lupa back up atau memindahkan datamu terlebih dahulu. Kalau sudah, kamu bisa langsung membersihkan semua isi data-data di HP-mu.

7. Suhu gadgetmu menjadi meningkat.

7 tanda WhatsApp (WA) kamu disadap hacker © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Ketika gadgetmu tiba-tiba suhunya meningkat dan terasa panas coba telusuri penyebabnya. Bisa jadi hal ini karena ada orang yang sedang menyadap WA-mu. Apalagi kalau HPmu sedang tidak terpapar matahari dalam jangka lama dan tidak kamu gunakan dalam frekuensi tinggi juga.

Aplikasi sadap bekerja dengan mengirim informasi ke server aplikasi secara terus menerus. Nah, hal itulah yang bisa menyebabkan kerja baterai meningkat dan membuat suhunya jadi lebih tinggi. Kondisi ini juga yang bisa membuat bateraimu jadi lebih boros. Mulai sekarang, coba lebih waspada dan perhatikan gadgetmu ya!