Brilio.net - WhatsApp atau WA menjadi salah satu aplikasi chatting yang populer di Indonesia. Digunakan oleh hampir seluruh kalangan, WA memberikan kemudahan dalam mengirim pesan secara online. Bahkan kini tak hanya teks yang bisa kita kirim, video hingga file dengan berbagai format bisa dikirim melalui WhatsApp. Apalagi dengan hadirnya fitur-fitur baru seperti GIF dan WhatsApp Story yang semakin membuat penggunanya enggan berpaling.

Tetapi, bukan berarti WhatsApp adalah aplikasi sempurna yang terhindar dari kekurangan. Masih banyak keluhan yang muncul saat menggunakan WA, salah satunya pesan pending. Ya, pasti pesan yang tertunda dalam pengirimannya membuat kita jengkel dan tidak sabar. Apalagi ketika kita diburu waktu dan harus segera mengirimkannya. Pesan pending atau tertunda bisa berakhir tidak terkirim atau tidak diterima dengan baik.

Pesan WA bisa pending salah satunya akibat sinyal yang kurang bagus. Biasanya kamu akan mengecek apakah sinyal di HP kamu dalam masalah atau tidak. Dan akan menjadi semakin menyebalkan kalau ternyata sinyal mu baik-baik saja. Kalau sudah begini rasa panik dan kesal bisa meledak seketika.

Tenang, sekarang kamu nggak perlu panik lagi. Karena kamu bisa coba beberapa cara untuk mengatasi pesan pending pada WA. Simak langsung yuk ulasan brilio.net pada Selasa (7/1) dari berbagai sumber berikut ini.

1. Memeriksa jaringan.

Loading...

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com-

Yaps, ini menjadi langkah awal dan sederhana yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi pesan WA yang pending. Pastikan kamu memiliki jaringan internet yang baik. Kamu juga bisa melakukan salah satu metode untuk memastikan jaringan internet di HP tetap stabil. Caranya dengan mengunci jaringan 4G LTE, kamu bisa mendapatkan kecepatan internet yang stabil dan juga tinggi. Coba cek menu settings, kemudian pilih connections, selanjutnya pilihlah pada menu mobile networks, dilanjut memilih networks mode, dan yang terakhir pilihlah LTE Only. Dengan itu kamu bisa memastikan jaringanmu hanya di 4G LTE saja.

2. Memanfaatkan mode pesawat.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: gadgethacks.com

Mode pesawat tidak hanya bisa kamu manfaatkan ketika melakukan penerbangan saja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk memulihkan pesan WA yang pending. Caranya gampang banget. Kamu hanya perlu mengaktifkan mode pesawat kemudian non-aktifkan lagi mode pesawatnya. Dengan cara ini, dipercaya sebagai cara restart atau membaca ulang jaringan inernet yang ada di HPmu. Tapi menurut pengalaman beberapa orang, cara ini belum berhasil jika dilakukan hanya sekali. Jadi kamu harus mencoba beberapa kali untuk memulihkan WA yang pending.

3. Memanfaatkan VPN.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Akses WhatsApp sempat dibatasi dan menimbulkan beberapa kendala dalam menggunakan aplikasi ini. Penggunaan VPN dilakukan banyak orang sebagai solusi permasalahan ini. Ada banyak pilihan aplikasi VPN yang tersedia di Android, seperti Tunnel Bear atau Turbo VPN. Namun untuk kamu pengguna Samsung Galaxy juga tersedia Samsung Max. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu download dan install aplikasi VPN kemudian menghubungkannya dengan menggunakan jaringan dari negara lain.

4. Hapus cache.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: androidpit.com

Cache adalah data yang disimpan sementara oleh HP untuk mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi. Semakin tinggi penggunaan WhatsApp maka akan semakin banyak cache yang dihasilkan. Sesekali sempatkan untuk menghapus Cache pada HPmu. Bisa jadi cache yang menumpuk menjadi salah satu penyebab pesan WA kamu pending dan sulit sampai kepada penerima.

5. Hapus atau memindahkan data WhatsApp.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Selain membersihkan cache, kamu juga perlu membersihkan data-data WhatsApp yang sudah tidak terpakai. Karena rupanya hal itu bisa membuat pesan kamu menjadi pending. Untuk membersihkan WhatsApp kamu bisa masuk ke menu settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear data. Setelah dibersihkan, WhatsApp akan kembali dalam keadaan semula seperti ketika kamu mendaftarkan akun WhatsApp pertama kali. Tapi kalau ternyata sebagian besar isi WhatsAppmu adalah data penting, maka lebih baik kamu memindahkannya lebih dahulu ke penyimpanan lain seperti laptop atau flash disk.

6. Matikan fitur penghemat baterai.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Dibalik fitur menarik WhatsApp, ada beberapa hal yang membuat kita kesulitan. Salah satunya adalah fitur penghemat baterai yang akan otomatis hidup saat HPmu kehabisan baterai. Dampak dari fitur ini adalah akan membuat notifikasi chat WA tidak masuk atau pending. Hal ini bertujuan untuk menghemat penggunaan data dan bisa hidup lebih lama. Nah untuk mematikannya, kamu bisa masuk ke menu setting dan ke pengaturan baterai. Setelah itu matikan fitur penghemat baterai atau battery saver.

7. Hilangkan aplikasi pembersih RAM.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Aplikasi pembersih RAM yang bertujuan untuk menjaga kestabilan smartphone ternyata memiliki efek samping membuat pesan WA menjadi pending. Hal ini kemungkinan besar karena aplikasi RAM menutup WhatsApp yang berjalan di latar belakang untuk menerima pesan. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa uninstall atau mencopot aplikasi pembersih RAM di HPmu. Dengan begitu bisa membuat WhatsAppmu menjadi kembali normal.

8. Restart HP.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: tenorshare.com

Restart HP juga menjadi salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyegarkan kembali HPmu. Bisa jadi ada penumpukan pesan dari teman-temanmu yang menyebabkan WhatsApp menjadi penuh. Kamu hanya perlu mematikan HP lalu menghidupkannya kembali. Atau juga bisa dengan menahan tombol power dalam beberapa saat kemudian klik restart.

9. Upgrade WhatsApp.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Sering kali terdapat notifikasi untuk mengupgrade aplikasi yang kita miliki. Namun tidak sedikit juga orang-orang yang mengabaikannya. Padahal ini adalah saran yang baik demi kelancaranmu dalam menggunakan aplikasi. Begitu juga dengan WhatsApp, kalau kamu belum mengupgrade versi terbarunya, bisa jadi menyebabkan pesan yang harusnya terkirim jadi terpending.

10. Re-install WhatsApp.

10 Cara mudah mengatasi WA pending © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Menginstall ulang WhatsApp mungkin akan memberatkan hatimu. Tapi tindakan ini bisa jadi salah satu cara yang bisa kamu coba untuk memulihkan WA yang pending. Kamu bisa menginstall ulang aplikasi WhatsAppmu dari AppStore atau Play Store. Kemudian install kembali akun WhatsApp untuk mengembalikan akunmu. Hal ini cukup efektif untuk memulihkan WhatsAppmu agar tidak eror lagi.