Brilio.net - Aplikasi Instagram (IG) merupakan media sosial yang paling populer digunakan oleh semua kalangan. Aplikasi berbagai foto dan video ini memang memiliki fitur yang membuat penggunanya betah untuk berselancar di dalamnya.

Bahkan, kini Instagram banyak digunakan untuk memperlancar bisnis, seperti online shop. Aplikasi ini dapat digunakan untuk strategi digital marketing.

Nah, salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilannya adalah jumlah follower yang dimiliki. Sebab dengan jumlah follower yang banyak, bisa mendorong jumlah penjualan bisnis.

Sayangnya banyak para pebisnis hanya asal menggunakan Instagram, tanpa mengetahui hasil dan grafik data. Padahal, sebenarnya bisa mereka jadikan acuan untuk strategi berikutnya.

Nah, untuk membantu menganalisis performa dan statistik akun Instagram, ada beberapa aplikasi analitik yang bisa kamu coba. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat mengetahui strategi media sosial dan penjadwalan konten Instagrammu.

Loading...

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (6/1), tujuh aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower.

1. Fitur Instagram Insights.

7 Aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower freepik.com

oto: pixabay.com

Kamu nggak perlu repot mendownload aplikasi lain untuk mengetahui dan menilai performa akun IG-mu. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentang followermu, kapan mereka sedang menggunakan Instagram dan apa postingan teratas kamu.

Tapi dengan catatan, fitur ini hanya dapat digunakan bagi kamu yang menggunakan akun Instagram bisnis, sedangkan pada Instagram personal tak dapat diaplikasikan ya.

Selain itu kamu juga dapat mengetahui perkembangan akun Instagram bisnis melalui data real yang ditampilkan. Seperti mengetahui jumlah kunjungan akun dalam beberapa periode, total tayangan klik ke situs web dan banyak lainnya.

2. Follower Pro.

7 Aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower freepik.com

foto: brilio.net

Aplikasi selanjutnya yakni Follower Pro yang hanya tersedia di platform iOS saja. Meskipun aplikasi ini gratis, namun beberapa fitur yang ada hanya bisa diakses pengguna berbayar.

Namun dengan versi gratisnya kamu bisa melihat follower baru, daftar orang yang follow dan unfollow. Tetapi di versi berbayarnya kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak lagi, seperti orang-orang yang memblokir kamu, orang-orang yang unlike postingan padahal sebelumnya nge-like, dan masih banyak lainnya.

3. Iconosquare Free.

7 Aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower freepik.com

foto: brilio.net

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk cek follower dan data-data lainnya. Salah satu informasi yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi Iconosquare Free ini yaitu mengenai 30 postingan terbaru dan tentang akun kamu secara umum.

Aplikasi ini tersedia dalam berbagai versi. Ketika data yang ditampilkan terlalu besar, kamu bisa menggunakan aplikasi Iconosquare versi pro yang tentunya memiliki lebih banyak fitur.

4. SquareLovin.

7 Aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower freepik.com

foto: brilio.net

Aplikasi analitik Instagram lainnya yaitu SquareLovin. Aplikasi ini mempunyai panel Instagram Insights yang gratis.

Keunggulannya dari SquareLovin ini kamu dapat mengetahui like dan follower, meninjau performa postingan dan interaksi pengikut akun bisnismu. Selain itu kamu juga bisa mengetahui minat konsumenmu dan apa yang mendorong engagement.

Dengan apalikasi ini bisa menunjukkan kapan waktu terbaik kamu untuk memposting konten bisnismu. Siap dicoba nih.

5. Union Metrics.

7 Aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower freepik.com

foto: unionmetrics.com

Union Metrics adalah aplikasi cek follower Instagram gratis. Aplikasi ini menganalisis aktivitas akun Instagram bisnismu dalam 30 hari terakhir. Dalam hal ini juga memberikan informasi postingan dan engagement follower kamu.

Selain itu Union Metrics juga memudahkanmu dengan memberikan info waktu yang ideal, tagar yang bagus untuk digunakan serta menginfokan postingan terbaik dan terburukmu. Union Metrics juga tersedia dalam pilihan paket berbayar yang menawarkan fitur lebih banyak lagi.

6. Latergramme.

7 Aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower freepik.com

foto: brilio.net

Latergramme merupakan salah satu aplikasi analitik Instagram yang dijadikan sebagai tool untuk menjadwalkan post di Instagram. Sehingga mempermudah kamu dalam mengelola frekuensi postingan konten.

Latergramme membantu user untuk melakukan analisis terhadap like, comment, dan memberikan gambaran tentang foto-foto yang menarik untuk audiens. Asyiknya lagi, tool ini bekerja dengan baik di browser dan juga aplikasi mobile. Patut dicoba kan!

7. Simply Measured.

7 Aplikasi analitik Instagram (IG), bisa cek follower freepik.com

foto: g2.com

Nah terakhir, aplikasi analitik Instagram yang bisa kamu coba yaitu Simply Measured. Aplikasi ini menawarkan analisis gratis untuk Instagram, namun hanya dapat digunakan oleh akun dengan jumlah pengikut di bawah 25.000.

Keunggulan aplikasi ini memberikan laporan data secara lebih rinci. Tapi sayangnya aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk mengikuti mereka di Twitter. Untuk data yang bisa kamu peroleh yakni mengenai engagement postingan, presentase engagement, dan masih banyak lainnya.