Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika generasi milenial dikenal sebagai kelompok digital savvy. Mereka tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi digital. Intinya, mereka tumbuh dan hidup dikelilingi berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.  

Nggak heran jika mereka juga selalu ingin mengetahui perkembangan terkini tentang teknologi. Milenial juga akan selalu berupaya melek teknologi.

Wajar jika banyak dari mereka yang menjadikan teknologi sebagai penunjang kehidupan sehari-hari sekaligus gaya hidup. Bahkan saat ini tidak jarang pekerjaan milenial berkaitan dengan teknologi dan media sosial.

Berikut ini tujuh jenis profesi yang diprediksi bakal popular dan banyak diminati milenial pada tahun 2020. Apa saja ya?  

1. Manager media sosial

Loading...

Profesi Milenial 2020 © 2020 brilio.netCasandracampbell.com

Media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun Twitter saat ini merupakan media yang cukup jitu untuk memasarkan produk sebuah perusahaan. Karena itu diperlukan manager media sosial untuk mengendalikan berbagai konten dan mengatur strategi pemasaran. Seorang manager media sosial yang andal juga berperan penting untuk image atau branding perusahaan. Nah  generasi milenial merupakan salah satu kelompok yang memiliki keahlian dalam hal ini.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Profesi Milenial 2020 © 2020 brilio.netallbusiness.com

Search Engine Optimization atau yang lebih familiar disebut SEO diprediksi akan sangat popular di kalangan milenial tahun 2020. Sebab, dalam dunia digital marketing, keberadaan SEO ini begitu penting agar sebuah website atau perusahaan makin terkenal. Keahlian SEO biasanya mengoptimasi website, memilih server atau web hosting terbaik serta menguasai beberapa pengetahuan terkait marketing. Tidak hanya bekerja di sebuah perusahaan, seorang SEO bisanya juga berprofesi sebagai seorang konsultan yang menyediakan jasa SEO secara independen baik untuk perusahaan kelas besar ataupun untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Karena itu profesi SEO begitu penting di era digital seperti sekarang ini.

3. Influencer media sosial

Profesi Milenial 2020 © 2020 brilio.netabaforlawstudents.com

Instagram merupakan salah satu media sosial yang cukup popular saat ini. Selain menjadi galeri online, Instagram juga bisa menjadi ladang bisnis di kalangan milenial. Lewat platform ini milenial bisa jualan online, hingga menjadi seorang influencer.Nah untuk menjadi influencer tentu perlu skill yang bisa membuat followers makin banyak. Setelah memiliki banyak followers, akun Instagram yang dimiliki nantinya bisa menerima endorsement.

4. Host podcast

Profesi Milenial 2020 © 2020 brilio.netengadget.com

Podcast lebih dikenal sebagai acara radio di ponsel yang biasanya membahas berbagai hal. Mulai dari musik, keuangan, film, saham, dan lainnya yang sedang hangat diperbincangkan. Beberapa tahun terakhir, banyak orang memiliki podcast. Tak bisa dipungkiri, podcast juga bisa menghasilkan uang dari iklan. Caranya, iklan akan dibacakan selama siaran yang dibagikan ke pendengar. Pekerjaan ini cocok sekali buat kamu yang suka ngobrol dan podcast sekaligus.

5. Programmer

Profesi Milenial 2020 © 2020 brilio.netlearnworthy.net

Dunia pemrograman juga diprediksi makin moncer di tahun 2020. Gaji yang ditawarkan juga begitu tinggi, terutama bagi yang sudah profesional. Nilainya bisa mencapai puluhan juta rupiah lho. Beberapa skill dasar yang perlu dimiliki seorang programmer adalah logika, algoritma, dan juga matematika. Skill tersebut nantinya akan digunakan untuk merancang berbagai kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer, contohnya java, php, javascript, dan lain-lain. Jenis pekerjaan ini akan begitu banyak dibutuhkan karena semua aplikasi atau operating system (OS) yang digunakan sehari-hari seperti mobile (android atau iOS), desktop, website dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

6. Desainer grafis

Profesi Milenial 2020 © 2020 brilio.netwealthysinglemommy.com

Boleh jadi belasan tahun lalu profesi ini tidak begitu diminati. Tapi sekarang dan ke depan, desainer grafis bakal banyak dibutuhkan. Perancang grafis saat ini banyak dibutuhkan untuk makin menarik konsumen. Tugas utama mereka adalah membuat tipografis, ilustrasi, fotografi, dan juga grafis motion yang dibutuhkan perusahaan guna menunjang tampilan di media sosial atau website agar makin menarik. Kreativitas yang tinggi sangat diperlukan dalam pekerjaan ini.

7. Web developer

Profesi Milenial 2020 © 2020 brilio.netkevinnisay.com

Tugas seorang web developer adalah membuat web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mereka akan membuat website keren dan profesional dengan menghubungkan database, tampilan web, mengatur domain, dan lain-lain. Di tahun 2020, pekerjaan ini akan semakin diminati karena kebutuhan website semakin banyak. Baik itu perusahaan, UMKM, ataupun juga usaha pribadi jika didukung website yang ciamik akan mendatangkan banyak kemudahan dan untung di kemudian hari.

Itulah tujuh profesi yang diprediksi makin diminati dan digeluti milenial tahun ini. Namun memilih sebuah profesi memang tidak mudah. Dibutuhkan skill dan tekad yang kuat supaya bisa konsisten dan menghasilkan. Maka dari itulah pilih yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.