Brilio.net - Fitur-fitur terbaru yang bermunculan pada Smartphone terus menggoda para penggunanya. Tak hanya tampilan yang semakin elegan, namun juga dengan kekuatan dapurnya yang dilengkapi dengan teknologi canggih.

Tak heran jika para produsen smartphone berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi terbarunya untuk menarik perhatian pasar. Tak terkecuali iPhone.

Produk dari Apple ini masih menjadi primadona bagi para penggunanya. Selain dianggap kekinian, kesan eksklusif masih melekat pada produk-produk iPhone. Menariknya meskipun dibanderol harga yang tinggi, namun masih banyak orang yang penasaran dengan tawaran terbaru dari iPhone.

Salah satu fitur terbaru iPhone yang masih jadi perbincangan khalayak adalah sistem terbarunya. iOS 13 menjadi sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc yang meneruskan pendahulunya, iOS 12.

Rilis pada September 2019, iOS 13 membuat banyak pengguna iPhone penasaran untuk mencobanya. Salah satu keunggulannya yang cukup populer adalah fitur Dark Mode.

Loading...

Sebenarnya, masih ada keunggulan iOS 13 lainnya yang tidak kalah menarik. Beberapa keunggulan ini juga semakin menyempurnakan kekurangan yang ada pada iOS 12.

Meski begitu, bukan berarti iOS ini sempurna tanpa cacat. Ada juga beberapa hal yang dianggap sebagai kekurangan pada sistem ini.

Nah untuk kamu pengguna iPhone, coba cek dulu deh kelebihan dan kekurangan yang ada pada iOS 13 sebelum menggunakannya. Berikut ulasan brilio.net dikutip dari berbagai sumber, Selasa (7/1).

Kelebihan iOS 13

1. Dark Mode.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: apple.com

Dark Mode adalah salah satu fitur iOS yang ditunggu-tunggu penggunannya. Meskipun sudah muncul sebelumnya, namun versi terdahulunya hanya ada pada iOS tertentu saja.

Sekarang dark mode yang ada di iOS 13 akan berlaku untuk sistem. Jadi kamu nggak perlu repot-repot ubah pengaturan pada tiap aplikasi untuk mendapatkan tampilan gelap yang lebih keren.

2. Sign in yang semakin mudah.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Kalau kamu sudah lama menggunakan iPhone mungkin sudah tahu, kalau autentifikasi dengan Apple tidak semudah menggunakan Google Account. Jika pada Google kamu akan langsung masuk untuk kebutuhan sign in ke beberapa aplikasi dan kebutuhan log in lainnya, sedangkan pada Apple kamu harus mengulang sign in beberapa kali sebelum masuk ke fitur yang dituju.

Tapi jangan khawatir, dengan adanya iOS 13, sekarang kamu sudah bisa lebih mudah dalam mengakses. Kamu hanya perlu autentifikasi menggunakan Face ID ataupun touch ID log in ke banyak aplikasi dan website.

3. Fitur blokir panggilan spam.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Seringkali kita mendapat panggilan dari nomor yang tidak diketahui dan mengganggu aktivitas kita. Sekarang kamu bisa mengatasinya dengan salah satu kelebihan iOS 13.

Salah satu keunggulan iOS 13 adalah munculnya fitur yang dapat memblokir panggilan spam. Fitur ini bisa kamu temukan dengan cara membuka Settings kemudian pilih silence unknown callers.

4. Smart Battery Charging.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

iOS 13 memiliki keunggulan yang semakin cerdas. Terdapat fitur Smart Battery Charging yang bisa menjaga bateraimu agar lebih aman.

Dengan fitur ini akan membuat pengisian baterai hanya sampai 80%, sedangkan 20% lainnya akan diisi sebelum kamu mencabutnya dari charger. Hal ini juga akan disesuaikan dengan kebiasaan dari penggunannya.

5. Suara baru Siri.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: apple.com

Kamu bisa meminta Siri untuk untuk mengirim pesan, menelepon, hingga membuat jadwal pertemuan. Meskipun ia memberikan kemudahan, sayangnya ada beberapa orang yang tidak menyukai suara Siri.

Dalam iOS 13, salah satu perubahannya adalah suara Siri versi terbaru. Yang pasti suara Siri versi terbaru ini dianggap lebih jelas daripada sebelumnya.

Kekurangan iOS 13.

1. Fitur "tandai belum dibaca" di pesan.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Dibalik kelebihan yang dimiliki iOS 13, masih ada beberapa fitur yang dianggap masih memiliki kekurangan. Salah satunya terlihat pada Mail yang dirasa masih belum menyaingi pesaingnya.

Mungkin kamu pernah merasa ingin menandai pesan dengan fitur "tandai belum dibaca" agar bisa dibalas nanti. Tetapi, sayangnya Apple masih belum menyematkan fitur ini di sistem operasi terbaru mereka.

2. Apple Maps.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: apple.com

Apple memiliki fitur Look Around yang menjadi pesaing Google Street View. Namun rupanya fitur pada iPhone itu masih dirasa belum lengkap. Sebagai contoh, di AS hanya ada di tiga kota, yaitu Las Vegas, San Fransisco, dan Honolulu.

3. Fitur "Snooze" tidak bisa diatur.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Fitur snooze memberikan keuntungan untuk menunda alarm saat kita menginginkannya. Jika pada Smartphone lain terdapat beberapa pilihan berapa lama durasi snooze yang kita inginkan, namun tidak pada iPhone.

Hanya ada pilihan 5, 9, dan 15 menit untuk menunda alarm. Sehingga pengguna tidak bisa mengatur durasi snooze yang diinginkan

4. Tidak ada perubahan pada aplikasi kalender.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Aplikasi kalender tidak memiliki perubahan dengan hadirnya iOS 13. Meskipun memberikan janji perubahan yang banyak pada sistem terbarunya, namun nyatanya tidak ada perubahan pada tampilan kalender.

5. Dark Mode.

5 kelebihan dan kekurangan iOS 13 © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Yaps, fitur Dark Mode menjadi salah satu fitur yang sering dibicarakan karena menimbulkan pro dan kontra bagi para penggunannya. Meski banyak yang menyambut mode gelap ini, ternyata ada pula yang menganggap fitur ini malah mengganggu penggunanya.

Pasalnya, selera setiap orang tidka bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Ada beberapa orang yang tidak nyaman dengan tampilan gelap di iOS 13 ini, apalagi mode ini tersetting pada keseluruhan tampilan.