×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Komputer Apple pertama dilelang Rp 93 miliar, istimewanya apa?

View Image

0

BRILIO » Gadget

Komputer Apple pertama dilelang Rp 93 miliar, istimewanya apa?

RAM-nya cuma 8KB dan dulunya cuma dijual 200 unit saja

14 / 05 / 2019 13:23

Brilio.net - Rasanya nggak mungkin kalau zaman sekarang orang nggak tahu merek gadget Apple. Ya nggak sih? Bahkan di Indonesia sendiri banyak yang menggunakan smartphone buatan Steve Jobs ituo, yakni iPhone. Selain smartphone, Apple juga dikenal mengeluarkan perangkat komputer sejak awal berdiri.

Nah, kamu pernah bayangin nggak, bagaimana wujud komputer Apple yang pertama? Pasti bikin penasaran dong?

Komputer pertama Apple, atau yang disebut Apple-1 dihargai USD 666 atau sekitar Rp 9,5 juta (Kurs 1 Dolar = Rp 14.400) saat pertama kali dirilis yaitu pada 1976. Sekarang, Apple-1 kabarnya dilelang dengan harga antara USD 389 ribu hingga USD 649 ribu atau sekitar Rp 56 hingga Rp 93 miliar.

Dilansir dari Geek, Selasa (14/5), rumah lelang Christie menawarkan sampel komputer Apple-1 yang sangat langka, lengkap dengan motherboard-nya pada 16 Mei hingga 23 Mei mendatang, sebagai bagian dari penjualan bertema On the Shoulders of Giants: Making the Modern World.

Apple Computer HL © 2019 brilio.net

Loading...

foto: geek

Komputer Apple ini dirakit dengan tangan pada 1976 yang dianggap sebagai salah satu unit asli yang dijual di toko komputer Byte Shop di Mountain View, California. Apple-1 ini dilengkapi dengan microprosessor MOS Technologies 6502 berwarna putih keramik yang dipilih langsung oleh Steve Wozniak, salah seorang penemu tersohor asal Amerika.

Kinerjanya juga ditopang RAM 8KB yang dipisah menjadi 2 buah ship RAM 4KB dan dua Triad power supply. Motherboardnya, yang dilabeli sebagai 'Apple Computer 1 Palo Alto Ca. Copyright 1976' akan disimpan dalam koper khusus lengkap dengan buku manualnya yang juga sangat langka, diterbitkan oleh Apple Computer Company tentunya.

Apple Computer HL © 2019 brilio.net

foto: geek

Menurut rumah lelang Christie, Apple-1 hanya diproduksi sebanyak 200 unit dan dipasarkan seharga USD 666,66. Harganya juga sempat turun menjadi USD 475 pada tahun 1977. Kemudian, saat Apple-II diluncurkan pada 10 Juni 1977, unit ini tidak lagi dipasarkan.

Setelah Steve Jobs dan Steve Wozniak secara resmi menghentikan produksi Apple-1 pada Oktober 1977, mereka menawarkan diskon dan tukar tambah untuk menghabiskan stok produk.

Saat ini, hanya ada 15 unit Apple-1 yang disimpan untuk koleksi publik, termasuk di Museum Seni Smithsonian dan 12 museum teknologi dan sains yang tersebar di seluruh dunia.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more