Brilio.net - Di Bulan Ramadan, banyak program televisi bertema islami. Salah satu program yang sedang jadi perhatian khalayak ialah Hafiz Indonesia 2019. Program tersebut menghadirkan peserta hafiz berprestasi di Indonesia.

Acara ini pernah menghadirkan seorang hafiz yang menginspirasi sekali. Adalah Muhammad Naja Hudia Afifurrohman, anak berusia 9 tahun yang membagikan kisah inspiratif di balik kemampuannya menghapal Alquran. Anak yang akrab disapa Naja ini merupakan salah satu peserta di Hafiz Indonesia 2019.

Tak seperti anak-anak seusianya yang dapat bebas bermain dan berlari, Naja ternyata memiliki keterbatasan. Dilansir brilio.net dari Liputan6,com, Senin (13/5), Naja telah menderita cerebral palsy atau lumpuh otak sejak lahir. Penyakit ini membuat motoriknya tidak dapat dikendalikan dan mengharuskannya duduk di kursi roda.

Meskipun begitu, Naja adalah anak yang istimewa. Bagaimana tidak, ia berhasil memukau khalayak lewat kemampuannya yang dapat menghafal 30 juz Alquran lengkap dengan ayat, surat serta halamannya.

"Saya sebagai ibu tidak pernah menyangka sebegitu cepatnya menghafal Alquran dan saya kagum sebagai ibu dia hafal sampai halaman-halamannya," jelas Dahlia Andayani, ibu Naja dalam acara Hafiz Indonesia 2019.

Loading...

"Hanya sepotong ayat disebutkan, belum selesai dia sudah tahu ini dan halaman ini. Mamanya nggak pernah ajarin," lanjut sang ibunda.

Saat sang ibunda menjelaskan kemampuan istimewa Naja dalam menghafal Alquran, sang pemandu acara, Irfan Hakim pun mengajak juri, Nabila Abdul Rahim Bayan untuk membacakan salah satu ayat yang harus ditebak Naja.

"Nanti Naja menebak itu surat dan ayat berapa dan halamannya juga. Dengarkan yah. Bismillahirrahmanirrahim," ucap Irfan Hakim dalam video.

Setelah Nabila membacakan satu ayat, Naja pun menjawab halaman yang tepat yakni 176 dan sukses membuat sang juri terkagum-kagum. Selain halaman, anak yang berasal dari Mataram ini juga sanggup menjawab dengan benar surat Al A'raf sekaligus juz 9.

Irfan pun menanyakan ayat teratas dari surat tersebut. Tanpa ragu-ragu, Naja langsung membaca ayat paling atas halaman tersebut.

Video yang menampilkan kisah inspiratif dari Naja tersebut telah ditonton lebih dari 2,9 juta kali dan mendapat lebih dari 135 ribu likes. Para warganet pun tidak dapat menutupi rasa kagum dan haru mereka yang disampaikan melalui kolom komentar.

"Semoga Allah selalu memberi rahmatnya untuk Naja. Dan semoga semakin banyak penerus-penerus naja selanjutnya yang bisa menghafal AL-QUR'AN. Amin amin ya Allah," tulis akun Elma Arfiyama.